Jadikan Kulit Kentang Sebagai Cemilan

Sumber foto: pixabay.com

rancah.com – Kentang merupakan salah satu bahan pokok yang sering kita jumpai. Banyak olahan yang menggunakan bahan baku kentang, yang sering kali kita membuang kulit kentang. Pernahkan kamu mengkonsumsi sajian kulit kentang? Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa kulit kentang tidak layak untuk dikonsumsi. Tapi tau kah kamu jika kulit kentang masih bisa diolah menjadi cemilan enak?

Kulit kentang memiliki rasa lezat jika pengolahannya tepat. Tidak kalah dengan daging kentang, ternyata kulit kentang sendiri memiliki kandungan vitamin C, B3, serat, zat besi, zink, kalium, mangan, vitamin B6 dan folat yang sangat baik untuk tubuh kita.

Berdasarkan kandungan kulit kentang, manfaat dari mengkonsumsinya yaitu :

  • Meningkatkan energi dalam tubuh,
  • Memperlancar pencernaan,
  • Mencegah kanker usus,
  • Mencegah anemia,
  • Menjaga tekanan darah,
  • Menjaga kesehatan saraf.

Sebelum diolah, pastikan kulit kentang sudah bersih dari tanah. Kulit kentang harus dibersihkan dengan seksama sebelum mengolahnya. Cukup menyikat kulit kentang dan merendamnya dalam air garam agar bersih maksimal sebelum mengolahnya. Kulit kentang yang tidak bersih dalam proses pencucian masihmengandung senyawa kimia dari tanah. Selain itu, masih banyak kuman yang menempel pada kulit kentang yang belum bersih, sehingga malah menyebabkan gangguan pencernaan dan gangguang sistem tubuh lain. Usahakan menyikat kulit kentang dan mengaliri dengan air mengalir dan bersuhu dingin. Jangan mencuci kulit kentang menggunakan sabun, karena zat kimia sabun akan meresap ke dalam kulit kentang.

Pengolahan kulit kentang paling simple supaya dapat menjadi cemilan yaitu kulit kentang goreng. Berikut caranya:

  1. Bersihkan kulit kentang. Pastikan kulit kentang sudah bersih dari tanah,
  2. Keringkan kulit kentang. Semakin kering klit kentang, maka semakin krispy ketika dimakan,
  3. Rendam kulit kentang dengan air garam atau kaldu instant. rendam selama 3-5 menit,
  4. Goreng dengan api yang panas supaya lebih krispy.

Cara lain mengolah kulit kentang supaya sehat yaitu dengan cukup merebus atau mengkukus kulit kentang sampai empuk. Sudah banyak variasi olahan dari kulit kentang. Kamu dapat menambahkan tepung serbaguna sebelum kulit kentang digoreng. Tidak banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat cemilan dari kulit kentang. Selain itu kamu juga turut andil dalam mengurangi sampah rumah tangga (organik) dengan memanfaatkan limbah makanan menjadi cemilan nikmat.

Sajikan kulit kentang selagi hangat dengan mayonaise dan saus sambal.

Selamat mencoba!

Selamatkan lingkungan!