Kebiasaan Begadang? 5 Efek Buruk saat Keseringan Begadang

rancah.com – Begadang adalah kondisi dimana lo terjaga untuk tidak tidur sampai sudah larut malam. Biasanya orang yang tidur minimal 8 (delapan) jam sehari tapi untuk orang yang sering begadang, tidur hanya 6 jam atau bahkan bisa kurang.

Orang akan begadang biasanya dengan alasan yang bermacam-macam. Tapi gue saranin lo jangan begadang kalo gak penting-penting banget kayak misalnya main game. Karena begadang memiliki banyak banget resiko dan bahayanya buat kesehatan tubuh lo.

Nah, pada artikel ini gue akan memberitahu apa saja bahaya dari keseringan begadang. Yang gue udah rangkum menjadi 5, berikut 5 Efek Buruk buat lo yang Sering Begadang.

5 Efek Buruk Keseringan Begadang

1. Sulit Berkonsentrasi

Keseringan begadang akan membuat diri lo kesulitan untuk berkonsentrasi. Bukan hanya konsentrasi akan tetapi seperti kewaspadaan, nalar dan kemampuan menyelesakan suatu masalah akan sulit kalo kita kabanyakan begadang.

Apalagi kalo lo seorang siswa sekolahan bisa bahaya banget. Kalo mahasiswa? Kayaknya sih begadangnya hampir penting sih hehe. Entah ngerjain tugas atau apapun itu hehe. Intinya jangan keseringan begadang nanti lo akan sulit menyerap pembelajaran.

2. Memicu Muncul Penyakit Serius

Jangan heran kalo nanti tua lo bakalan penyakitan karena saat muda lo kebanyakan begadang. Segala macam penyakit akan muncul seperti Tekanan Darah Tinggi, Diabetes, Gagal Jantung, Stroke, Serangan Jantung dan lainnya.

Serem banget dah tuh, jadi mulai sekarang sebisa mungkin yuk kita jaga pola tidur kita. Sehingga saat tua nanti kita bisa menikmati sisa-sisa hidup kita.

3. Melemahkan Sistem Imun

Sistem Imun adalah Sebuah sistem biologis yang ada didalam tubuh kita untuk menjaga dan melindungi tubuh kita dari serangan patogen. Jadi secara gak langsung kalo sistem imun kita lemah maka pertahanan tubuh kita juga lemah.

Akibatnya kita bisa mudah terkena penyakit. Inilah alasan dari nomor dua diatas, kenapa kita bisa terkena penyakit gara-gara keseringan begadang? Ya jawabannya karena sistem imun kita lemah.

4. Penurunan Produksi Hormon

Tubuh kita banyak sekali hormon yang terproduksi ketika kita tidur. Jadi kalo gak tidur ya hormon ini gak akan terhasilkan atau terproduksi. Sebagai contoh hormon sitokinin, yaitu hormon yang bisa membantu melawan bakteri dan virus.

Jadi kalo kita kebanyakan begadang, produksi dari hormon sitokinin berkurang sehingga kita mudah terkena bakteri dan virus.

5. Rentan Mengalami Kecelakaan

Jelas dong kalo ini, gue gausah jelasin contoh yang besar seperti kecelakaan nuklir gara-gara para pegawainya ngantuk dan gak teliti. Gue ngambil contoh kecil aja, gimana kalo lo ngantuk pas lagi berkendara? Pastinya akan ada peluang kecelakaan 40% atau bahkan lebih.

Itulah 5 Efek Buruk dari Keseringan Begadang. Semoga dengan artikel ini lo bisa mengurangi kebiasaan begadang yang gak penting sehingga lo bisa lebih sehat.

Jangan lupa baca artikel gue yang sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga keteman-teman lo yang sering banget begadang. Segitu aja dari gue, sekian dan terima kasih.