Kegiatan Produktif Mahasiswa Selama Liburan di Era New Normal

Ilustrasi Produktif. (Foto: Liputan 6)

Ketika New Normal diberlakukan, banyak fasilitas umum mulai dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Café, restoran, hingga beberapa tempat hiburan mulai beroperasi secara normal, ini pun mendorong orang-orang untuk mulai menyerbu tempat-tempat sosial untuk nongkrong seperti sebelum masa pandemi COVID-19.

Tak terkecuali, mahasiswa yang kini hampir semua telah menyelesaikan kegiatan satu semester sebagian besar dengan daring. Lantas selama libur dan bebas dari tugas, dihabiskan dengan nongkrong dan jalan-jalan? Eits, kalau boleh saran, lebih baik tetap mengurangi aktivitas di luar rumah apabila tidak ada keperluan mendesak, mengingat kasus positif Corona di Indonesia terbilang masih sangat tinggi. Maka dari itu, pastikan Anda keluar dengan melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker, membawa hand sanitizer, dan tetap melakukan pyshical distancing.

Nah, daripada liburan malah jalan-jalan dan nongkrong di kerumunan banyak orang, berikut ini saran beberapa rutinitas produktif untuk kamu, para mahasiwa, yang bisa dilakukan di rumah pada Era New Normal.

  1. Berolahraga dan Berbenah Diri

Siapa nih yang malas olahraga? Biasa orang beralasan karena tidak punya banyak waktu luang. Nah, karena selama pandemi banyak mahasiwa yang gabut, sekaranglah waktu yang tepat untuk mulai rutin berolahraga. Dengan olahraga, imunitas tubuh dapat terjaga dan tubuh pun menjadi lebih sehat. Selain itu, kita juga dapat mulai berbenah diri, bisa dengan rajin skincare-an dan belajar berdandan, kalau nanti usai pandemi kita jadi glowing dan tampak seperti ‘the new me,’ kenapa tidak?

  1. Mempelajari Bahasa Baru

Bahasa asing sangat penting untuk di dunia kerja ke depannya. Setidaknya, kamu bisa menguasai lebih dari satu bahasa. Untuk itu, mulailah belajar basic dari suatu bahasa yang kamu sukai. Perlahan-lahan sampai naik ke tingkat selanjutnya. Kalau muak dengan cara belajar yang monoton, kamu bisa membaca buku atau menonton film dengan bahasa asing tersebut. Dijamin deh, hari-harimu bakal terasa produktif jika sampai bisa menguasai satu bahasa yang kamu sukai.

  1. Ikut Lomba Tulis

Tidak ada salahnya mencoba mengikuti lomba-lomba tulis nasional yang kamu temukan di laman instagram kamu. Tidak peduli menang atau kalah, kamu di sini bisa menyalurkan bakat dan inspirasi pikiranmu. Selain itu, kamu bisa mendapatkan sertifkat yang mungkin berguna untuk ke depannya. Info mengenai lomba dapat kamu temukan di berbagai platform, seperti instagram, facebook, grup Whatsapp, dan lain-lain.

  1. Ikut Webinar

Semenjak diterapkannya e-learning, seminar online atau webinar menjadi ramai peminat. Kamu bisa mendapatkan ilmu yang mengalir selama liburan tanpa harus datang ke tempat diselenggarakannya seminar. Webinar tentunya sama saja seperti seminar biasanya yang dapat membuka wawasan baru terhadap topik-topik tertentu. Hanya perlu duduk manis di depan layar dan dengarkan. Ikut webinar enak, kan? Sayangnya, tidak ada yang namanya free lunch lagi, nih.

  1. Volunteering/Magang Online

Ini sangat berguna bagi kamu yang ingin pengalaman baru sekaligus mewarnai isi CV sehingga nantinya dilirik saat lulus mencari kerja. Sekarang banyak sekali lowongan volunteer yang bekerja secara work from home, begitu pula dengan magang di beberapa perusahaan telah menerapkannya secara online sehingga kamu dapat bekerja di rumah, tanpa harus ribet. Info recruitment dapat kamu temukan dengan mudah di instagram, saya sendiri telah mengikuti beberapa namun tidak kunjung lolos, tapi kalau kamu mencoba, jangan menyerah, ya?

  1. Menjadi Freelancer

Freelance adalah pekerjaan yang tergolong praktis karena bisa kamu lakukan di mana saja. Kamu cukup memiliki satu keahlian di bidang tertentu dan memanfaatkan fasilitas internet. Jika kamu memiliki skill atau keahlian menulis yang bagus, maka kamu bisa menjadi freelance di bidang menulis, seperti menulis konten atau artikel blog, content writer, ataupun copywriter. Dengan begitu, kamu dapat mengumpulkan pundi-pundi uang walaupun di rumah saja.

  1. Berjualan Online

Bagi kamu yang ingin uang jajan tambahan, berjualan online mungkin dapat menjadi solusinya. Bisa dengan menjadi reseller atau dropshipper, kecil-kecilan seperti dengan reseller akun premium atau perintilan-perintilan kecil. Sedikit demi sedikit kamu bisa mengasah skillmu dalam dunia dagang. Daripada uangmu habis untuk jalan-jalan, dapat uang sekaligus skill. Lumayan, kan?

Nah, itu tadi sekedar saran kegiatan untuk mahasiswa yang ingin produktif selama liburan di masa New Normal, kamu bisa pilah mana yang ingin kamu coba lakukan. Saya tahu kalian rindu kegiatan berkumpul bersama, namun tidak ada salahnya kita mengikuti anjuran pemerintah dan meringankan tenaga medis yang tengah berjuang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua, stay safe!