Memprioritaskan Diri Sendiri Itu Penting

Self Reward (Sumber: Unsplash.com)

rancah.com – Memperdulikan dan mementingkan orang lain merupakan hal baik yang sangat mulia dan bukanlah suatu kesalahan. Namun, terkadang ada waktu dimana mementingkan orang lain merupakan keputusan yang kurang tepat, jika hal tersebut harus mengorbankan diri sendiri secara terus menerus. Oleh karena itu diperlukan keputusan yang bijak mengenai hal ini. Mementingkan atau memprioritaskan diri sendiri tidak selalu bisa disamaartikan dengan egois. Dimana memprioritaskan diri sendiri sama halnya dengan memberi reward pada diri sendiri tanpa harus merugikan orang lain. Sehingga ada rasa bahwasanya diri sendiri merupakan hal yang harus sering untuk disemangati, karena diri yang selalu mebersamai untuk setiap hal yang harus dilalui.

Berikut merupakan pentingnya untuk memprioritaskan diri sendiri

  1. Belajar memahami diri

Memahami diri dalam artian mengerti tentang apa yang terbaik, apa yang harus dilakukan dan yang harus ditinggalkan. Melakukan hal yang mampu untuk dilakukan dan meninggalkan sekiranya itu menjadi beban.

  1. Apresiasi Diri

Berbagai macam bentuk apresiasi diri dapat dilakukan seperti melakukan hal yang disenangi, misalnya menonton film ataupun sekedar berjalan-jalan di taman. Yang paling terpenting adalah membuat diri merasa nyaman sehingga bersemangat untuk melakukan sesuatu yang lebih hebat kedepannya.

  1. Berani berkata ‘tidak’

Berani berkata tidak jika memang diri tidak mampu untuk melakukannya atau jika mengiyakan dapat mendatangkan keburukan pada diri sendiri. Sehingga dapat memilah hal apa yang dapat kita bantu untuk orang lain atau apa yang seharusnya kita tolak demi kebaikan bersama. Serta menghindari hubungan toxic yang merugikan diri dan membuat orang lain bergantung. Jika sudah terjebak dengan hubungan ketergantungan, akan semakin sulit dalam memutuskannya.

  1. Memilah yang harus di prioritaskan

Sehingga waktu yang dimiliki dapat dilakukan dengan benar dan bermanfaat.

  1. Mengendalikan Tingkat Stres

Jika memasakkan diri untuk selalu ada untuk orang lain, hal ini baik namun juga terkadang membuat diri merasa lelah dan tidak menutup kemungkinan untuk mendatangkan stress. Dengan sesekali memahami dan memprioritaskan diri sendiri maka dapat meminimalisir hal tersebut

Lima hal tersebut merupakan manfaat dengan keputusan untuk memprioritaskan kepentingan diri. Namun yang perlu diperhatikan, bahwa segala hal yang berlebihan tidaklah baik. Sehingga perlu diperhatikan kadar untuk setiap perilaku. Berbuat baiklah kepada orang lain semampunya, namun tidak memaksakan diri sendiri sehingga diri tidak merasa tersakiti dan lelah.