Hindari Melakukan Hal Berikut Jika Ingin Dianggap Dewasa

Menjadi dewasa dengan tepat waktu (Sumber: Unsplash.com)

Menjadi dewasa merupakan pilihan, tidak semua orang mampu menjadi dewasa. Dan lagi, untuk menjadi dewasa memerlukan proses yang didapatkan dari lingkungan dan juga permasalahan yang dihadapi. Dewasa dapat digunakan sebagai tolak ukur dari kematangan dan kesiapan seseorang dalam menjalani hidup di dunia ini. Berikut adalah lima perilaku yang harus dihentikan jika ingin dianggap dewasa.

  1. Mengadu setiap ada masalah

Setia ada masalah selalu mengeluh seolah-olah permasalahan yang dialami merupakan permasalahan yang sangat berat. Meskipun tidak bermaksud memandang remeh permasalahan, namun dengan selalu mengumbar permasalahan maka akan terlihat sisi tidak dewasanya seseorang dalam menghadapi permasalahannya.

  1. Plin-plan dan bergantung pada keputusan orang lain

Tidak berpendirian atau tidak berprinsip, sehingga sangat mudah untuk dipengaruhi. Berani mengambil risiko dari setiap keputusan yang diambil merupakan tanda dari dewasanya seseorang yaitu berani bertanggungjawab.

  1. Mementingkan diri sendiri

Mementingkan diri sendiri atau egois, yaitu tidak mementingkan apa yang menjadi keharusan orang lain. Sehingga orang lain akan merasa tidak nyaman dengan sifat egois yang ada pada diri dan menjauh. Menjadi egois sangat mengidentifikasikan bahwa seseorang belum memiliki sikap dewasa.

  1. Masih suka mengejek teman

Memahami setiap insan merupakan kehidupan yang mulia dan menghargai setiap yang terdapat pada insan tersebut merupakan suatu keputusan bijak dan dewasa. Dimana, setiap individu memiliki keunikan masing-masing dan tidak bisa dibandingkan. Tentunya, dengan berprinsip seperti itu tidak akan mudah untuk menghina atau menjatuhkan orang lain. Namun, beda cerita ketika ejekan yang dimaksud adalah bentuk kreakaban tapi yang perlu dgaris bawahi tidak menyakiti atau menyinggung apapun dan siapapun.

  1. Selalu lari dari masalah

Masalah hadir bukan untuk dihindari tapi harus dihadapi, kemanapun bersembunyi masalah akan selalu mengampiri karena begitulah polanya. Selama manusia hidup maka akan ada saja masalah yang datang entah itu besar ataupun kecil, yang pasti itu harus diselesaikan. Dan lagi, menghindari masalah adalah keputusan yang sangat tidak tepat dan memperlihatkan betapa dewasanya orang dalam menyelesaikan masalahnya.

Lima hal diatas merupakan sedikit dari hal yang harus dihindari untuk membentuk pribadi yang lebih dewasa. Namun, yang harus diketahui bawasanya itu tidaklah instan memerlukan proses sehingga akan tumbuh menjadi kebiasaan. Orang yang memiliki lingkungan dan pengalaman yang berat dan mampu untuk menyelesaikannya maka akan memiliki kemampuan menjadi dewasa lebih cepat. Dewasa bukan bicara soal usia melainkan tentang karaker. Orangtua tidak semuanya sudah dewasa dan anak muda pun banyak yang sudah menjadai dewasa. Jadi, itu adalah pilihan mau menumbuhkan sikap dewasa atau tidak.