Geger! Kenapa Manusia Dapat Berhalusinasi?

rancah.com – Berhalusinasi adalah sebuah kondisi dimana kita bisa merasakan sesuatu yang nyata tapi sebenarnya itu (yang terasa nyata) tidak ada. Berhalusinasi memiliki banyak penyebabnya dan karena ada banyak penyebabnya.

Gue akan membahas tentang hal kenapa manusia dapat berhalusinasi? Kodisi dimana manusia dapat berhalusinasi ada dua penyebab yaitu penyebab dari dalam dan dari luar. Berikut gue akan bahas penyebab kenapa manusia dapat berhalusinasi.

Bahaya dari Kita Berhalusinasi Ini dia

1. Penyakit Mental

Halusinasi dapat disebabkan karena penyakit mental yang ada di diri lo. Ada banyak penyakit mental yang dapat menyebabkan halusinasi. Contohnya seperti Skizofrenia, Demensia, Delerium dan masih ada lagi.

Penyakit-penyakit seperti ini belum bisa disembuhkan akan tetapi dapat di kendalikan dengan berbagai terapi. Ya beberapa diantaranya dengan Psikoterapi karena namanya juga penyakit mental.

2. Penyalahgunaan Zat

Penyalahgunaan Zat juga berbahaya dan dapat menimbulkan halusinasi. Sebenarnya bukan hanya halusinasi akan tetapi berbagai penyakit serius lainnya. Makannya gue saranin, jangan deh menyalahgunakan zat-zat kimia yang gak baik buat tubuh.

Apa aja sih zat-zat yang dimaksud? Ya zatnya seperti alkohol yang kalo dipakai kebanyakan bisa terjadi yang namanya halusinasi. Sebenarnya masih banyak lagi, coba aja cari sendiri atau tanyakan ke temen lo yang anak mipa hehe.

3. Kurang Tidur

Sebelumnya gue udah pernah nih ngebahas manfaat dari tidur di artikel yang lain. Nah, ternyata kekurangan tidur juga dapat menyebabkan kita berhalusinasi. Aduh serem juga ya, bahkan ada salah satu youtuber yang melakukan percobaan ini.

Percobaan gak tidur selama beberapa hari dan bener loh dia mengalami halusinasi. Seperti ada seseorang yang muncul dari ruangan lain dan lain sebagainya. Hihi serem yah.

4. Obat-obatan

Obat-obatan itu sangat berguna buat orang sakit. Jadi kalo lo gak sakit jangan deh minum obat-obatan, apalagi kalo sampai overdosis. Kenapa gue gak ngebolehin? Karena ada beberapa obat-obatan yang bisa bikin halusinasi.

Sedikit tambahan, kalo ada lagi sebenarnya beberapa dampak seperti Penyakit Kronis, Lingkungan (Dibully Disekolah), Demam Tinggi, Migran, Kejang dan masih banyak lagi. Baca : Manfaat dari Makan Brokoli di Alam Semesta.

Itulah penyabab kenapa manusia dapat berhalusinasi. Semoga dengan mengetahui dan membaca artikel ini kalian bisa mengetahui darimana halusinasi berasal dan kalian bisa mencegahnya.

Jangan lupa baca artikel gue yang sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga keteman-teman lo yang suka berhalusinasi. Segitu aja dari gue, sekian dan terima kasih.