Kamu Wajib Tahu, 7 Kesalahan Diet Yang Harus Kamu Hindari

Foto: closeronline.co.uk

Rancah.com –¬†Jantung adalah organ tubuh vital yang bertanggung jawab atas beberapa fungsi tubuh. Perilaku yang tidak sehat dapat merusak kesehatan jantung Anda dan berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular. Menurut WHO, penyakit kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor 1 di dunia, yang diperkirakan menelan 17,9 juta jiwa setiap tahun. Empat dari 5 kematian akibat penyakit kardiovaskular disebabkan oleh serangan jantung dan stroke, dan sepertiga dari kematian ini terjadi secara prematur pada orang di bawah 70 tahun.

Diet dan gaya hidup memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Pola makan yang buruk dapat berkontribusi pada risiko penyakit jantung yang lebih tinggi dan juga memicu faktor risiko lain yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang untuk menjaga kesehatan jantung. Berikut ini beberapa kesalahan diet yang harus kamu hindari untuk kesehatan jantung.

  1. Kebutuhan makanan berserat yang tidak tercukupi

Serat harus menjadi bagian penting dari diet kamu. Ini tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan tetapi untuk kesehatan jantung juga. Serat membantu mengendalikan faktor risiko yang terkait dengan penyakit jantung. Menambahkan serat ke dalam makanan kamu dapat menghasilkan berat badan yang sehat, tekanan darah terkontrol, dan kadar kolesterol yang lebih baik.

  1. Kehilangan antioksidan

Antioksidan menjaga kesehatan jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah dan sayuran berwarna penuh dengan antioksidan. Tambahkan cukup beri dan buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk diet kamu.

  1. Buah dan sayuran bukan bagian dari diet harian kamu

Menambahkan buah-buahan dan sayuran ke dalam program diet kamu dapat membantu mempromosikan diet yang seimbang. Tidak makan cukup buah dan sayuran juga berbahaya bagi kesehatan jantung. Ini dapat memberikan kamu nutrisi yang penting juga .

  1. Manajemen kadar gula darah yang buruk

Penderita diabetes berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Manajemen kadar gula darah yang buruk dapat memperburuk kondisi tersebut. Manajemen kadar gula darah yang sehat dengan diet sehat dapat membantu mengendalikan risiko.

  1. Mengkonsumsi makanan olahan

Konsumsi makanan olahan dan gorengan dikaitkan dengan beberapa efek buruk. Makanan ini biasanya tinggi garam dan gula, berbahaya bagi kesehatan jantung kamu. Hilangkan makanan olahan dari program diet kamu sebanyak mungkin.

  1. Kamu terlalu sering minum soda

Soda dan minuman berkarbonasi sarat dengan gula dengan nutrisi rendah atau tanpa nutrisi. Menghirup soda memiliki efek negatif pada berat badan, tekanan darah, kolesterol, dan kesehatan jantung kamu secara keseluruhan.

  1. Konsumsi alkohol yang terlalu banyak

Kelebihan apa pun buruk bagi kesehatan tubuh. Konsumsi alkohol yang berlebihan menyebabkan kadar kolesterol tidak sehat. Ini juga dapat meningkatkan tingkat lemak dalam darah kamu. Supaya jantungmu sehat,  berhentilah minum alkohol atau meminumnya dalam jumlah sedang.

Itulah beberapa kesalahan tentang diet. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.