10 Cara Konsisten Menjadi Pribadi yang Selalu Tepat Waktu

Tepat Waktu
foto: farmersalmanac.com

Rancah.com – Sebagai orang Indonesia, istilah ‘’ngaret atau jam karet’’ sudah sangat familiar kita dengar. Peristiwa jam karet seringkali kita temukan saat akan mengadakan meeting, bertemu teman di suatu tempat, kegiatan atau acara umum, dan masih banyak lagi.

Bagi orang yang selalu melakukan jam karet, mereka akan selalu mengatakan ‘’maaf terlambat’’, sedangkan bagi yang sudah menunggu kehadirannya akan merasa bosan, kecewa, bahkan marah. Hal ini sangat tidak menyenangkan, bukan?

Untuk mengatasinya, berikut ada beberapa cara bagi Anda yang selalu melakukan jam karet supaya kehidupan Anda berlangsung baik:

  1. Berangkat lebih awal.

Jika Anda harus ke beberapa tempat dalam satu waktu, pastikan Anda berangkat lebih awal. Perkirakan waktu Anda. Sekalipun ada kemacetan, Anda masih bisa tepat waktu. Sebagai contoh jika untuk mencapai tempat tujuan butuh setengah jam, berangkatlah 45 menit lebih awal atau bahkan lebih.

  1. Bersiap sebelum waktunya.

Minimal, 24 jam sebelum Anda meninggal rumah atau kantor Anda, buatlah sebuah daftar segala sesuatu yang perlu dipersiapkan. Pastikan ada bensin di kendaraan Anda. Pergilah ke ATM atau bank untuk mengambil uang cash yang diperlukan. Letakkan tas Anda di tempat yang mudah Anda lihat. Siapkan pakaian yang akan Anda pakai.

Buatlah pengingat dalam bentuk catatan kecil pada post it atau sejenisnya. Dengan cara mengorganisir segala sesuatunya, maka Anda akan lebih menghemat waktu dan lebih siap untuk berangkat daripada terburu-buru. Dengan cara ini Anda pun akan tiba di tempat pertemuan atau ke kantor tanpa rasa tertekan atau stres.

  1. Membuat Pengingat

Ke manapun kita pergi, pastilah smartphone akan selalu ada di genggaman. Karena itu, sebaiknya mulailah untuk membuat reminder di smartphone tentang janji atau agenda harian yang akan Anda lewati. Bisa juga ditulis di notebook atau agenda to-do list. Hal ini untuk akan membantu Anda berkoordinasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

  1. Memotivasi diri sendiri

Mulailah tekad yang kuat dalam diri sendiri dan patuhilah setiap aturan yang Anda buat untuk diri sendiri. Mulai kegiatan yang memotivasi diri setiap harinya. Jika Anda memiliki keinginan yang kuat, maka rasa malas akan hilang dan akan berganti dengan semangat.

  1. Hindari halangan.

Jika jalan yang akan Anda lalui, Anda tahu sedang ada perbaikan atau pembangunan, carilah jalur alternative. Hindari waktu-waktu sibuk. Baca koran lokal dan dengarkan siaran radio tentang informasi jalan raya sehingga Anda bisa mendapatkan informasi yang diperlukan.

  1. Hormati orang lain

Ini adalah pemahaman yang perlu Anda miliki untuk membiasakan diri datang tepat waktu. Tanamkan di benak Anda bahwa datang tepat waktu itu berarti Anda menghormati orang lain. Dengan memiliki pemahaman ini, Anda akan bergerak lebih cepat daripada biasanya.

  1. Persiapkan semua peralatan yang mendukung

Ada kalanya penyebab terlambat datang adalah tidak siapnya alat-alat pendukung yang Anda perlukan. Sebagai contoh, ketika Anda hendak berangkat kerja, ban mobil atau ban motor Anda kempes.

Untuk menghindari masalah ini, cek kondisi kendaraan Anda sesaat setelah Anda bangun. Dalam hal rapat atau pertemuan, siapkan peralatan yang Anda perlukan (laporan, alat peraga, atau handout materi) sehari sebelumnya. Kebiasaan ini akan memberi Anda waktu yang cukup bila saja ada peralatan yang belum siap.

  1. Pastikan Anda melihat jam.

Selalu gunakan jam tangan atau miliki jam di ruangan. Dan jika bisa, seting alarm atau timer pada jam atau handphone Anda, sehingga Anda tahu kapan harus sampai dan kapan harus berangkat kembali.

  1. Setel jam tangan lebih cepat 5-10 menit

Jam tangan bukan hanya menjadi aksesoris pelengkap penampilan. Benda tersebut juga dapat membuat Anda lebih menghargai waktu. Jangan lupa juga Anda harus menyetel waktunya lebih cepat 5-10 menit. Dengan waktu yang dipercepat akan membuat Anda terpacu untuk datang tepat waktu atau malah lebih awal. Itu lebih baik daripada Anda harus terlambat, bukan?

  1. Hindari gangguan dalam perjalanan

Jika sedang di jalan dan mengendarai mobil, jangan mengangkat ponsel Anda. Pastikan, mesin penjawab telephone Anda menyala untuk menyimpan pesan bagi Anda. Kecuali jika Anda hendak menelpon untuk menanyakan arah jalan. Jika tidak, sms maupun telephone masih bisa menunggu hingga Anda sampai di tempat tujuan.