Daftar 10 Negara Paling Dermawan di Dunia Tahun 2020, Indonesia Termasuk

foto: news.utexas.edu

Rancah.id – Orang yang tinggal di negara terkaya di dunia tidak selalu yang paling dermawan, seperti yang ditunjukkan Indeks Pemberian Dunia oleh Charities Aid Foundation (CAF).

Untuk peringkat edisi ke-10, organisasi nirlaba Inggris menanyakan 1,3 juta orang di 128 negara dari tahun 2009 hingga 2018 tentang tindakan kedermawanan mereka. Ada tiga bidang yang dilihat: membantu orang asing, menyumbangkan uang, dan menyumbangkan waktu untuk beramal.

Inilah 10 daftar negara paling dermawan di dunia tahun 2020.

  1. Indonesia

Indonesia adalah satu-satunya negara 10 teratas yang meningkatkan skor setiap tahunnya secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, sementara negara lain terkadang mengalami penurunan, menurut CAF.

Kemurahan hati orang Indonesia menempati peringkat ke-50 pada tahun 2010, terus naik hingga menduduki peringkat  1 pada tahun 2018 sebagai negara paling dermawan di dunia dengan skor 59%. Indonesia memiliki populasi yang sangat banyak, sehingga sumbangan yang berkaitan dengan agama adalah hal yang biasa.

Para peneliti menghubungkan peningkatan perilaku memberi di Indonesia dengan perubahan paradigma dalam praktik Islam “zakat,” dengan fokus pada bersedekah yang berkelanjutan.

  1. Sri Lanka

Diklasifikasikan oleh PBB sebagai negara berpenghasilan menengah ke bawah, Sri Lanka telah menjadi negara paling dermawan kesembilan selama dekade terakhir.

Dibandingkan dengan negara lain, waktu sukarela untuk amal sangat populer di Sri Lanka, dan yang menduduki peringkat No. 1 dari semua negara di dunia.

  1. Belanda

Belanda termasuk di antara tiga negara Eropa paling dermawan selama 10 tahun terakhir, mencapai skor 53%. Skor kemurahan hati negara ini mencapai puncaknya dengan skor  56% pada tahun 2015. Akan tetapi, sejak itu terus menurun.

Belanda sangat dermawan dengan menyumbangkan uang untuk amal, yang kemungkinan besar karena pemberian secara religius, menurut CAF.

  1. Inggris Raya

Negara Eropa paling dermawan kedua, Inggris Raya juga salah satu yang paling baik dalam hal beramal, menempati tempat kedua dalam daftar ini. Selama dekade terakhir, 71% orang yang disurvei telah memberikan uang untuk amal dalam empat minggu sebelum diwawancara.

Menurut CAF, perilaku beramal mencerminkan tradisi filantropi yang panjang di negara ini. Pada tahun 2018, orang-orang di Inggris Raya rata-rata menyumbangkan $ 59,20 per bulan, yang jumlahnya mencapai $ 710 per tahun.

  1. Kanada

Skor 10 tahun keseluruhan Kanada yang tinggi dalam Indeks Pemberian Dunia berkat kinerja yang kuat dalam lima tahun pertama. Kemurahan hati negara Kanada memuncak dengan skor 60% pada tahun 2014 dan 2015, tetapi setelah itu mengalami penurunan.

Penduduk Kanada sangat murah hati dengan menawarkan bantuan kepada orang lain (64%) dan menyumbangkan uang untuk amal (63%).

  1. Irlandia

Irlandia adalah negara Eropa yang paling dermawan, meskipun perilaku beramal berfluktuasi selama bertahun-tahun. Meskipun skor negara memuncak dengan skor 60% pada tahun 2012 dan 2014, skor terendah 53% dicapai pada tahun 2017, serupa dengan Inggris dan Belanda.

Selama dekade terakhir, lebih dari setengah (56%) populasi Irlandia telah membantu orang lain atau menyumbangkan uang atau waktu untuk beramal.

  1. Australia

Dalam Indeks Pemberian Dunia pertama pada tahun 2010, Australia dan Selandia Baru berbagi tempat pertama dengan skor 57%. Sepuluh tahun kemudian, skor Australia telah meningkat menjadi 59% tetapi negara lain telah menyusulnya.

Namun, itu masih salah satu negara dengan kinerja tertinggi dalam hal kemurahan hati selama dekade terakhir, dan menempati posisi keempat secara keseluruhan.

  1. Selandia Baru

Negara paling dermawan ketiga di dunia, Selandia Baru adalah satu-satunya negara yang masuk dalam 10 besar dari ketiga kategori negara dermawan.

Faktanya, 64% orang mengatakan telah membantu orang asing (memberikannya tempat ke-10 dalam kategori ini), 65% menyumbangkan uang (ke-9) dan 41% menjadi sukarelawan untuk amal (ke-6).

Selama 10 tahun terakhir, Selandia Baru dan tetangganya Australia juga paling konsisten dengan kemurahan hati mereka.

  1. Myanmar

Myanmar menempati urutan kedua dalam hal menyumbangkan uang untuk amal.

Selama dekade terakhir, 81% penduduk myanmar yang disurvei mengatakan mereka telah melakukannya. Namun, karena krisis politik dan sosial di negara itu menjadi semakin sulit dalam beberapa tahun terakhir, dengan ratusan ribu minoritas Rohingya dianiaya, jumlah orang yang menyumbangkan uang turun secara signifikan.

CAF mengaitkan tingginya jumlah penganut Buddha di Myanmar atas kemurahan hati penduduknya.

  1. Amerika Serikat

Amerika Serikat telah menjadi negara paling dermawan di dunia selama dekade terakhir, mencapai skor keseluruhan 58% dalam Indeks Pemberian Dunia.

Meskipun tren menurun dalam beberapa tahun terakhir, jumlah orang Amerika yang secara konsisten tinggi telah membantu orang asing (72%), menyumbangkan uang (61%) atau waktu sukarela (42%), memastikan posisi teratas negara paling dermawan di dunia.

Laporan Giving USA 2019 menemukan bahwa orang Amerika menyumbangkan $ 427,7 miliar untuk amal pada tahun 2018 saja.