Beda Nasib Putra-putri Indonesia dalam Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia

Rancah.com – Sama-sama masuk perempat final Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia 2020 (BATC 2020) di Manila, Philiphina, tim putra-putri Indonesia mendapatkan lawan dengan kualitas yang bertolak belakang. Sesuai hasil drawing perempat final yang dilakukan Kamis (13/2) malam, tim putra yang keluar sebagai juara group A di perempat final akan bertemu tim terlemah, tuan rumah Philiphina. Sementara tim putri yang hanya menjadi runner up group Y harus berhadapan dengan tim unggulan pertama Jepang.

Pertandingan perempat final putri akan dilaksanakan di Rizal Memorial Coliseum, Manila pada Jumat (14/2) pagi mulai pukul 10.00 waktu Manila atau pukul 09.00 WIB. Sedangkan perempat final putra akan dilaksanakan sore harinya mulai pukul 16.00 waktu Manila atau pukul 15.00 WIB.

Tim putra tuan rumah Philiphina yang dinilai merupakan tim terlemah, secara mengejutkan berhasil mengalahkan Singapura 3-2 pada pertandingan kedua group C. Padahal sebelumnya Philiphina pada pertandingan pertama dilumat China Taipei dengan 5-0. Singapura harus tersingkir setelah dikalahkan China Taipei 4-1 pada pertandingan terakhir Kamis (13/2) sore dan menyerahkan posisi runner up group C kepada Philiphina.

Di atas kertas Philiphina bukan lawan yang sepadan dengan Indonesia. Peringkat tertinggi tunggal putra Philiphina dimiliki Ros Leonal Pedrosa dengan peringkat 427, masih teramat jauh dengan Anthony Sinisuka Ginting yang kini memiliki peringkat 5. Sementara ganda putra Peter Gabriel Magnaye/Alvin Morada berperingkat 186, tak bisa dibandingkan dengan pemegang peringkat 1 dan 2 yang dimiliki Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan. Sehingga peluang tim putra Indonesia lolos ke semifinal sangat besar.

Berbeda dengan tim putri yang akan menghadapi Jepang di perempat final, perjuangannya jelas sangat berat. Namun bukan berarti peluang tak ada. Dari jadwal yang sudah dirilis laman resmi BWF, hanya Ruselli Hartawan yang belum pernah mengalahkan calon lawannya. Lainnya meski kalah head to head, masing-masing pernah mengalahkan calon lawannya.

Berikut jadwal pertandingan perempat final antara Jepang-Indonesia:

Akane Yamaguchi vs Gregoria Mariska Tunjung
Yuki Fukushima/Sayaka Hirota vs Greysia Polii/Apriyani Rahayu
Sayaka Takahashi vs Ruselli Hartawan
Nami Matsuyama/Chiharu Sida vs Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto
Riko Gunji vs Putri Kusuma Wardani

Adapun jadwal lengkap perempat final adalah sebagai berikut:

Putri
Jepang vs Indonesia
China Taipei vs Malaysia
Kazakhtan vs Thailand
Singapura vs Korea

Putra
Korea vs Malaysia
Indonesia vs Philiphina
Thailand vs India
Jepang vs China Taipei