Inilah 5 Jenis Senam Lantai yang Bisa Dicoba

rancah.com – Senam lantai adalah suatu kegiatan melakukan gerakan senam yang dilakukan diatas lantai atau matras saja. Ada banyak macam gerakan senam lantai ini dan senam lantai ini juga mempunyai manfaat untuk tubuh lo agar menjadi sehat.

Tapi ingat gak semua gerakan senam lantai bisa dan mudah untuk dilakukan semua orang. Jadi jangan asal-asalan saat melakukan senam lantai ini, lo harus fokus saat melakukan gerakan senam lantai ini.

Karena senam lantai ini memiliki manfaat buat kita, maka gue akan membahas gerakan senam lantai. Yang sudah gue rangkum menjadi 5 gerakan senam lantai. Berikut 5 Gerakan Senam Lantai, diantaranya:

Manfaat Senam Lantai

1. Roll (Guling)

Roll atau Guling sebenarnya ada macam-macamnya lagi seperti roll (guling) depan dan belakang. Jadi buat lo yang belum tau, roll itu adalah sebuah gerakan menggulingkan badan entah itu mengguling kedepan atau belakang.

Pasti banyak yang bertanya, memangnya apa fungsinya ngeroll kedepan dan kebelakang? Jangan salah, roll atau mengguling itu ada manfaat / gunanya. Beberapa diantaranya adalah mengordinasikan gerakan tubuh dan dapat melatih pra membaca.

Maksudnya gini, ketika lo lagi lari dan tiba-tiba lo jatuh. Nah, sebelum lo jatuh ketanah, lo pasti akan berfikir kalo jatuh begini bahaya gak ya. Lalu dengan lo sering melatih gerakan roll, ternyata kemampuan pra membaca lo bilang.

kalo gue lebih baik ngeroll aja biar gak kena resiko terlalu besar. Yaudah sistem kordinasi tubuh lo yang udah hapal gerakan roll. Akan otomatis melakukan gerakan roll dan itulah yang terjadi ketika anak parkour jatuh hehe“.

2. Lompat Harimau

Lompat Harimau adalah gerakan dari senam lantai. Dimana gerakannya itu dilakukan dengan cara melompat, lah ya iyalah namanya juga “lompat” harimau. Jadi lompat harimau ini, caranya lo lompat abis itu lo melakukan gerakan roll depan.

Sedikit susah sih, tapi manfaat dari melakukan gerakan ini itu banyak. Beberapa diantaranya adalah melatih kelenturan tubuh, membuat metabolisme lancar dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Kayang

Kayang adalah gerakan dimana lo seperti melakukan posisi “push up” tapi dibalik. Nah loh hehe. Gerakan kayang ini mudah dilakukan kalo lo memiliki kelenturan tubuh yang bagus.

Tapi bagi lo yang gak lentur, sebenarnya bisa dilatih dengan kayang ini. Karena salah satu fungsi dari gerakan kayang ini adalah lo bisa lebih lentur tubuhnya.

4. Handstand (Berdiri dengan Tangan)

Handstand adalah gerakan dimana lo harus berdiri dengan tangan dibawah dan kaki diatas. Gerakan handstand ini sedikit susah karena ya lo bayangin aja lo suruh berdiri dengan dua tangan.

Salah satu manfaat handstand selain bisa buat pamer ke temen ternyata gerakan ini bisa untuk meningkatkan sirkulasi darah. Karena ketika kepala lu kebawah, itu otomatis aliran darahnya akan lebih lancar. Tapi jangan keseringan juga nanti pusing hehe.

5. Sikap Lilin

Sikap lilin memiliki fungsi untuk mengencangkan otot perut dan melenturkan otot pinggang dan otot perut.

Itulah 5 Gerakan dari Senam Lantai yang bisa lo coba dirumah. Semoga dengan artikel ini lo bisa tau gerakan dari senam lantai dan juga tau manfaat dari senam lantai.

Jangan lupa baca artikel gue yang sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga ketemen lo atau sahabat lo supaya mereka gak rebahan mulu dan mau berolahraga. Segitu aja dari gue, sekian dan terima kasih.