Pemain Zenit St. Petersburg Tak Sengaja Jatuhkan Piala Kaca Saat Merayakan Juara

Para pemain Zenit merayakan gelar juara liga

Rancah.com – Juara Liga Sepakbola Premier Rusia tahun ini, Zenit, menyegel gelar ganda domestik setelah meraih kemenangan telak atas tim underdog Khimki di Final Piala Rusia pada hari Sabtu (25/07), hanya untuk menjatuhkan trofi dalam beberapa menit setelah menerimanya di Ekaterinburg Arena.

Tiga minggu setelah mereka merayakan juara, dengan menyiram satu sama lain dengan sampanye di ruang ganti mereka setelah memenangkan Liga Premier Rusia, Zenit merasakan kebahagiaan lagi setelah meraih kemenangan akhir atas Khimki yang baru dipromosikan ke liga utama Rusia tersebut. Dengan kemenangan tersebut,  mereka akhirnya menyegel gelar juara liga dan piala pertama mereka dalam satu musim sejak 2010.

Para pemain dan staf termasuk kapten Rusia, Artem Dzyuba melompat ke podium di bawah pusaran confetti ketika mereka menikmati kemenangan mereka. Para pemain bergantian mengangkat piala mereka, namun ada hal yang mengejutkan.

Ketika giliran kapten klub dan mantan bintang Chelsea, Branislav Ivanovic mengangkat piala, ia tak sengaja merobohkan bagian dari trofi perak kaca berkilau tersebut. Seluruh pemain kaget, sedangkan Ivanovic hanya bisa nyengir.

Pemain gelandang , Magomed Ozdoyev dan mantan bek Ukraina Yaroslav Rakitskiy mengangkat trofi untuk memeriksa piala kaca tersebut yang sedikit pecah di bagian atasnya. Sebelum Ozdoyev memegang bagian yang terpisah itu tinggi-tinggi, ia melihat ke arah rekan satu timnya dengan tawa dan melanjutkan pesta.

Beberapa penggemar mengklaim bahwa desain trofi itu terlalu halus dibandingkan dengan vas, sementara yang lain mengklaim bahwa CSKA Moscow dan Lokomotiv Moscow juga telah merusak trofi mereka di tahun-tahun sebelumnya.

“Oke kalian semua sudah dehar. Kami menjatuhkan dan merusak trofi Piala Rusia, sekarang kami meminta maaf,” demikian bunyi pernyataan di Twitter Zenit.

Kecelakaan buruk yang fatal saat perayaan trofi juara tidak hanya terjadi baru-baru ini saja. Kejadian serupa pernah terjadi juga ketika pemain Real Madrid, Sergio Ramos menjatuhkan trofi Copa del Rey saat perayaan puncak parade di bus kemenangan raksasa Spanyol tersebut pada tahun 2011.

Trofi asli tersebut dipajang di museum Federasi Sepakbola Spanyol, tetapi Persatuan Sepak Bola Rusia akan berharap trofi perak mereka dapat diselamatkan untuk digunakan kembali di final tahun depan.

Zenit tidak pernah memenangkan Piala Liga Rusia selama empat tahun dan membutuhkan penalti pada menit ke-84 dari pencetak gol terbanyak, Dzyuba untuk mengalahkan Khimki, yang akan bergabung dengan mereka di papan atas setelah finis kedua di Divisi Pertama Rusia musim ini.

Keberhasilan menjuarai Piala Rusia membuat Zenit meraih gelar ganda. Sebelumnya, mereka juga sukses menjuarai Russian Premier League.