Fakta RB Leipzig, Klub Berusia 11 Tahun yang Hampir ke Final UCL 2020

RB Leipzig

RasenBallsport Leipzig atau RB Leipzig kembali menjadi perbincangan. Bagaimana tidak, klub berjuluk Die Bullen tersebut sukses lolos hingga babak semifinal dengan mengalahkan finalis musim lalu Tottenham Hotspur serta Atletico Madrid.

Namun langkah mereka harus terhenti hanya sampai semifinal saja, karena pada laga yang digelar 19/08/2020 dinihari mereka harus mengakui keunggulan Paris Saint Germain dengan skor telak 3-0. Namun lolosnya mereka sampai semifinal merupakan keberhasilan yang patut diacungi jempol bagaimana tidak tim yang 10 tahun lalu hanya berada di divisi 5 liga jerman namun kini sudah masuk deretan tim Jerman bahkan Eropa.

Berikut adalah fakta tentang RB Leipzig di kutip dari berbagai macam sumber :

1. Baru Berdiri Pada 2009

Leipzig adalah klub yang tergolong baru dalam sepakbola eropa. Dilansir dari dierottenbullen.com, klub ini resmi didirikan pada 19 Mei 2009. Mereka mengakuisisi klub lokal yaitu SSV Markranstadt dan mulai berkompetisi dari divisi terbawah liga jerman (divisi lima).

2. Mendapatkan Empat Kali Promosi dalam 8 Tahun

Mendapat sokongan dana besar dari RedBull, Leipzig berhasil meraih empat kali promosi hanya dalam waktu delapan tahun sejak mereka berdiri. Sejak 2016/2017 mereka sudah berhasil bermain di kompetisi level tertinggi di Jerman, Bundesliga.

3. Memiliki Pelatih Sangat Muda, Bahkan Lebih Muda dari Ronaldo dan Messi

Julian Nagelsmann, baru berusia 33 tahun pada bulan Juli 2020 kemarin. Ia menjadi pelatih termuda yang memimpin tim lolos ke babak knockout Liga Champions.

4. Paling di Benci di Jerman

Meski dipuji hampir seluruh pencinta sepakbola dunia, namun sebenarnya mereka sangat di benci lho di Jerman, apa sebabnya? ternyata awal mula nya adalah karena mereka tidak mengikuti aturan 50+1 yang terdapat di Jerman.

Dalam aturan ini klub Jerman yang berkompetisi di bundesliga wajib membagi kepemilikan 50 plus 1 untuk fans mereka. Fans memiliki hak keanggotaan yang mana sebagai anggota mereka memiliki suara untuk keputusan penting yang diambil oleh klub.