Kans Juara Baru Menghadapi Tembok Besar Tradisi

sumber: naijanews.com

Pagelaran Liga Champions Eropa musim 2019/2020 telah memasuki puncaknya. Babak final mempertemukan jawara Ligue 1 PSG (Paris Saint Germain) melawan jawara Bundesliga Bayern Munich. Ini merupakan kali pertama bagi PSG untuk mencicipi laga final, sehingga apabila berhasil memenangkannya mereka akan menjadi juara baru pada ajang ini. Sedangkan bagi Bayern, ini merupakan pencapaian mereka kesebelas kalinya, dimana pada 10 laga final sebelumnya mereka berhasil memenangkan trofi sebanyak lima kali.

Sampai saat ini, tercatat ada 22 tim yang sudah berhasil membawa pulang trofi Liga Champions. Namun sudah tujuh musim lamanya kompetisi tersebut tidak menghasilkan juara baru. Chelsea menjadi tim terakhir yang muncul sebagai juara baru pada musim 2011/2012. Perjalanan Klub asal London tersebut di ajang ini tidaklah mudah. Pada babak 16 besar, Chelsea yang tertinggal agregat 1-3 dari Napoli berhasil membalikkan keadaan dengan menang 4-1. Kejutan lainnya datang pada babak semi final, menghadapi Barcelona di Camp Nou pada leg kedua, Chelsea yang sempat tertinggal dua gol berhasil menyamakan kedudukan dan lolos ke final dengan keunggulan agregat 3-2. Dinding besar kembali dihadapi Chelsea pada laga final dimana mereka harus menghadapi tuan rumah Bayern Munich di Allianz Arena. Bermain di hadapan pendukung lawan, The Blues berhasil menang dramatis lewat babak adu penalti.

Kedua finalis pada Liga Champions musim ini dinilai sama-sama kuat. Meskipun PSG tidak didukung dengan catatan historis namun dari segi permainan dan materi pemain mereka tetap saja akan menjadi batu sandungan bagi ambisi Bayern. Di sisi lain penampilan Die Roten pada musim ini juga luar biasa, mereka berhasil memenangkan seluruh pertandingan dari fase grup hingga semi final. Walaupun secara historis Bayern telah memenangkan Liga Champions sebanyak lima kali namun Die Roten harus tetap waspada menghadapi laga final, pasalnya persentase kemenangan mereka di partai puncak hanya 50%. Pertemuan terakhir kedua tim di ajang tersebut terjadi pada fase grup Liga Champions musim 2017/2018. Pada match day kedua yang berlangsung di Parc des Princes, PSG sukses menghajar Die Roten 3 gol tanpa balas. Dan pada match day terakhir giliran Bayern yang berhasil menyudahi perlawanan Les Parisiens dengan kedudukan 3-1.