Mia San Mia! Bayern Juara Liga Champions 2019/2020

Bayern München berhasil mengalahkan Paris Saint Germain (PSG) dengan skor 1-0 pada final Liga Champions (24/08/2020) dinihari WIB. Pada laga yang digelar di Estádio da Luz, Bayern menang melalui gol tunggal yang dicetak mantan pemain PSG, Kingsley Coman.

Kedua tim saling melakukan serangan pada babak pertama namun tidak ada gol yang tercipta hingga turun minum. Pada babak kedua, Bayern meningkatkan intensitas serangan mereka dan pada akhirnya berhasil unggul melalui gol sundulan dari Kingsley Coman pada menit 59. Selepas gol tersebut PSG berusaha keras untuk menyamakan kedudukan namun tak ada gol tambahan hingga laga usai. Bayern resmi menjadi kampiun Liga Champions 2019/2020.

Dibalik kemenangan tersebut terselip fakta menarik bagi FC Hollywood. Berikut 3 fakta di balik kemenangan Die Roten pada laga final Liga Champions 2019/2020 :

1. Bayern jadi juara dengan memenangkan seluruh laga yang mereka mainkan

Bayern mengukir sejarah baru setelah mengandaskan perlawanan Paris Saint Germain (PSG) dinihari tadi. Bayern menjadi tim pertama yang meraih 11 kemenangan beruntun dalam satu edisi Liga Champions. Bayern juga jadi tim pertama yang memenangkan seluruh pertandingan yang dimainkan dari babak penyisihan grup hingga partai puncak.

Die Roten total berhasil mencetak 43 gol hanya dari 11 pertandingan Liga Champions musim ini, bila dirata-ratakan sekitar 3,9 gol per pertandingan cuma kalah produktif dari Barcelona pada musim 1999/2000 dengan catatan 45 gol. Namun patut dicatat, Blaugrana memainkan 16 laga pada musim tersebut.

2. Treble kedua kalinya, samai rekor Barcelona

Treble adalah istilah yang digunakan di dalam sepak bola untuk tim yang berhasil menjuarai tiga turnamen sekaligus dalam satu musim. Tercatat selama ini hanya ada tujuh klub yang berhasil melakukannya (Celtic, Ajax, PSV, Man United, Internazionale, Bayern dan Barcelona 2x).

Dengan kemenangan atas Les Parisiens dini hari tadi, Die Bayern berhasil merengkuh treble pada musim ini dan mengulangi kesuksesan mereka saat mendapatkannya 7 tahun silam ketika dilatih oleh Jupp Heynckes. Tidak hanya itu, Bayern juga berhasil menyamai catatan Barcelona sebagai tim yang berhasil merengkuh treble sebanyak 2 kali.

3. Samai koleksi trofi Liga Champions milik Liverpool

Selain mendapatkan treble winners, kemenangan tim asuhan Hans Dieter Flick juga membuat mereka berhasil menyamai rekor Liverpool sebagai tim ketiga (setelah Real Madrid dan AC Milan) dengan gelar Liga Champions terbanyak yaitu 6 kali (sebelumnya Bayern mendapatkannya pada tahun 1974, 1975, 1976, 2001 dan 2013).

Selamat ya Bayern! Mia San Mia.