Manueul Neuer, Sang Kapten yang Belum Habis

Bayern Munchen mengakhiri musim ini dengan manis, dengan merengkuh trebele winner, sebagai juara Bundesliga, DVB Pokal dan terakhir adalah sebagai Jawara Eropa dengan mengalahkan Paris Saint Germaint di partai final. Kingley Coman menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol di pertandingan ini. dengan memanfaat umpan Joshua Kimmich.

Namun ada yang menarik di pertandingan ini, dimana kedua kiper yang bermain tampil dengan sangat luar biasa, bisa di buktikan dengan skor tipis yang tercipta. Keylor Navas tampil sangat luar biasa di bawah mistar PSG, dimana ia melakukan beberpa penyelematan luar biasa dengan menggagalkan peluang beberapa pemain Bayern Munchen. Begitu pun Manuel Neuer, pemain sekaligus kapten ini tampil sangat luar bisa. Dia membuktikan bahwa dia belum habis.

Manuel Neuer tampil superior pada partai ini. Ia menjadi juru selamat dengan melakukan penyelematan yang bisa dikatakan tidak masuk akal. Menggagalkan peluang dari Neymar, Mbappe,juga Ander Hererra, pemain PSG nampak frustasi menghadapi tembok terakhir the bavarian ini.

Dia membuktikan pada dunia bahwa ia belum habis untuk usianya yang sudah menginjak 34 tahun, ia membayar semua kritikan dengan penampilan fantastis dipartai semalam. Ia masih pantas menjadi palng pintu terakhir untuk Bayern Munchen, dan juga Timans Jerman. Kita tidak pernah tahu apa jadinya bila pada final semalam bukan neuer sebagai penjaga gawang, mungkin saja neymar dan Mbappe dapat menuliskan namanya di papan skor dan pada akhirnya PSg yang akan menjadi juara.

Manuel Neuer belum habis ia masih tetap tangguh, reflexnya masih tinggi, dan jiwa kepemimpinanya yang mungkin saat ini belum tergantikan oleh pemain Munchen lainnya.