6 Negara Produsen Mobil Terbanyak di Dunia

Negara Produsen Mobil Terbanyak di Dunia
foto: cnbc

Rancah.com – Di zaman modern ini, telah banyak mobil yang diproduksisecara masal daripada di waktu lainnya dalam sejarah. Pada 2018, produsen memproduksi sekitar 95 juta kendaraan di seluruh dunia, termasuk 70 juta mobil dan 25 juta kendaraan komersial. Berikut ini enam negara produsen mobil terbanyak di dunia :

Cina

Pabrikan mobil terkemuka dunia adalah Cina, karena produksi negara tahun 2018 menghasilkan penyelesaian 25 juta kendaraan bermotor, atau sekitar 28% dari semua mobil dan truk yang diproduksi.

Sekitar 86% dari produksi kendaraan Cina digunakan untuk membuat mobil penumpang pribadi, sementara 3,4 juta kendaraan lainnya diproduksi untuk penggunaan komersial. Dari periode 4 bulan April 2018 hingga Juli 2018, Cina menghasilkan rata-rata 1,774 juta mobil dan 286.000 kendaraan komersial.

Namun, seiring berjalannya waktu, produksinya dalam beberapa tahun terakhir telah menurun dalam jumlah kendaraan yang diselesaikan, yang mungkin dikaitkan dengan perang dagang dengan Amerika Serikat. Dengan penjualan 5,86 juta mobil pada tahun 2018, SAIC Motor Corporation Ltd, adalah produsen kendaraan terbesar di Cina.

Amerika Serikat

Amerika Serikat hanya memproduksi 12 juta mobil dan truk pada tahun 2018, tetapi masih menemukan dirinya sebagai produsen mobil terbesar kedua di dunia, dengan lebih dari 13% pangsa pasar.

Meskipun produksi mobil penumpang kurang dari Jepang dan Jerman, Amerika Serikat memproduksi kendaraan komersial hampir dua kali lebih banyak daripada negara lain, termasuk lebih dari lima kali lebih banyak dari Jepang dan lebih dari 24 kali lebih banyak dari Jerman.

General Motors Company, telah memproduksi mayoritas mobil yang diproduksi di Amerika Serikat, karena memegang pangsa pasar 17,5% dari kendaraan negara. Ford Motor Company dan Toyota Motor Corp, keduanya memegang 14,5% dari pasar manufaktur mobil asal Amerika Serikat.

Jepang

Jepang menghasilkan hampir 9,5 juta total kendaraan pada tahun 2018, atau 10% dari semua kendaraan yang telah diproduksi. Jepang bertanggung jawab atas jumlah ekspor mobil tertinggi kedua di dunia. Jumlah dolar yang diekspor pada 2018 adalah sekitar $ 86,1 miliar yang mewakili 12,8% dari seluruh ekspor mobil di seluruh dunia.

Toyota bertanggung jawab atas sekitar 29% dari manufaktur mobil Jepang, sementara Honda Motor Co Ltd adalah produsen terbesar kedua, memegang sekitar 14,4% dari pasar Jepang, dan kemudian diikuti oleh Nissan Motors.

Jerman

Jerman memproduksi hampir 6 juta total mobil pada tahun 2018. Angka ini mewakili peningkatan 2,1% dari tingkat produksi 2017. Nilai dolar hampir seperempat dari semua mobil yang diproduksi di Jerman yang diekspor, karena 22,7% dari 2018 ekspor di seluruh dunia disebebabkan oleh Jerman.

Volkswagen AG adalah produsen kendaraan Jerman yang terkemuka, memproduksi hanya di bawah 700.000 mobil di antara banyak merek termasuk Porsche. Mercedes-Benz adalah produsen terbesar kedua di Jerman, mewakili sekitar 9% dari pangsa pasar di negara ini. BMW berada di posisi ketiga, yang juga memiliki merek Mini dan Rolls Royce.

India

Meskipun tidak terkenal dibandingkan dengan Amerika atau negara eropa lainnya, India telah membuat kendaraan untuk penduduknya sebanyak lebih dari 1 miliar.

India memproduksi lebih dari 4,6 juta total kendaraan pada tahun 2018, dengan 82% kendaraan yang diproduksi adalah mobil pribadi. India mengalami tingkat pertumbuhan tertinggi di antara produsen mobil top.

Pada tahun 2018, produksi mobil meningkat 7,3% dari yang diproduksi pada tahun 2017. Produsen kendaraan terbesar diIndia adalah Tata Motors Limited. Sekitar 650.000 mobil yang diproduksi di India diekspor pada 2018.

Korea Selatan

Pada 2018, Korea Selatan memproduksi sekitar 4,5 juta total mobil. Dari jumlah tersebut, 4,1 juta adalah mobil penumpang pribadi, sementara lebih dari 400.000 kendaraan diproduksi sebagai kendaraan komersial.

Negara ini mengalami pertumbuhan yang sangat kecil dalam industri ini, karena jumlah total mobil yang diproduksi pada 2017 meningkat hanya 0,7% dari tahun sebelumnya. Pabrikan mobil Korea Selatan yang paling populer adalah Hyundai Motor Co.

Korea Selatan juga merupakan salah satu eksportir tertinggi mobil yang diproduksi, karena 6,2% mobil telah diproduksi di negara itu.