Mendidik Diri adalah Amanat Semesta

Rancah.com – Salah satu kunci keberhasilan seorang manusia dapat dilihat dari bagaimana ia mengembangkan karakter serta kepribadiannya dari waktu ke waktu. Setiap kita sudah selayaknya meletakkan pendidikan sebagai gaya hidup yang dijalankan sehari-hari. Mendidik diri merupakan tugas kehidupan yang diamanati semesta kepada setiap individu. Pendidikan dalam bahasa inggris diistilahkan dengan education dari kata “educare” yang bermakna “membimbing keluar”. Yakni mengeluarkan segenap potensi yang dikandung dalam jiwa manusia. Dengan kata lain, aktualisasi diri.

Kita sebagai manusia dituntut untuk terus mengembangkan upaya-upaya dalam menghadapi tantangan dan problema hidup yang tak berhenti kita temui. Artinya, kita mesti selalu berusaha mengubah diri, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dan dari tidak terbiasa menjadi terbiasa. Sedemikian sehingga dari waktu ke waktu kita selau dalam proses menjadi orang yang lebih baik. Adapun program pendidikan yang sesungguhnya kita jalani adalah program yang dibuat oleh semesta dalam kehidupan ini. Maka tugas kita hanyalah bagaimana menjalani proses tersebut agar outputnya adalah kematangan jiwa kita sendiri.

Sumber foto: hairul.com

Mendidik diri, memerlukan kesadaran penuh, bahwasanya dunia tempat kita hidup ini adalah wahana bagi setiap manusia untuk mengembangkan kemampuan terbaiknya. Berlomba-lomba menghasilkan solusi bagi individu, komunitas, keluarga, masyarakat, bangsa, negara, bahkan lingkup internasional. Karena kita semua terikat dalam satu kemanusiaan. Yang mana satu dengan yang lainnya mengemban tanggung jawab untuk saling peduli kepada kemakmuran, kebahagiaan, serta kesejahteraan hidup bersama.

Maka marilah kita senantiasa memelihara kesadaran dalam diri kita masing-masing, bahwa mengembangkan kapasitas diri melalui pendidikan sepanjang usia, adalah sesuatu yang penting untuk terus dilakukan. Jangan lupa untuk berinvestasi pada diri kita sendiri. Sehingga bisa terus menjadi solusi dan bermanfaat untuk lingkungan sekitar kita.

– – –

Artikel lainnya dari penulis:
Berhentilah Memunggungi Manusia

Lika Liku Perjalanan Hidup Manusia

Jaga Keseimbangan, Jangan Tersandera Oleh Teknologi

– – –
Jangan lupa share tulisan ini ke teman-teman Anda.

Dengan berbagi kita peduli.

(Caranya mudah saja, tinggal klik tanda ikon sosial media yang ingin anda gunakan di samping atau di bawah halaman ini)