Cara Mudah Menguasai Tenses

Ketika kita sedang berupaya menguasai bahasa asing, seperti Bahasa Inggris misalnya, kita akan dihadapkan dengan hal-hal baru yang barangkali tidak ada dalam Bahasa Indonesia. Contohnya, dalam Bahasa Inggris kita mesti mengenal jenis tenses yang digunakan dalam kalimat. Perbedaan tenses ditentukan oleh keterangan waktu, apakah ia berupa kejadian di masa lampau, masa depan, ataukah masa sekarang. Nah, terdapat 16 tenses yang berbeda, sehingga berbeda pula dalam penyusunan kalimatnya, tergantung kapan kejadian yang diceritakan dalam kalimat tersebut berlangsung.

Sebagai pengantar, kita akan mencoba mengenal jenis-jenis tenses yang dimaksud, sebagai berikut:

  1. Present Tense (Waktu Sekarang)

Terbagi lagi menjadi:

a. Simple Present Tense

b. Present Continuous Tense

c. Present Perfect Tense

d. Present Perfect Continuous Tense

2. Past Tense (Waktu Lampau)

Terbagi dalam:

a. Simple Past Tense

b. Past Continuous Tense

c. Past Perfect Tense

d. Past Perfect Continuous Tense

3. Future Tense (Waktu yang Akan Datang)

Terbagi menjadi:

a. Present Future Tense

b. Future Continuous Tense

c. Present Future Perfect Tense

d. Present Future Perfect Continuous Tense

4. Past Future Tense (Waktu Akan Datang Lampau)

a. Simple Past Future Tense

b. Past Future Continuous Tense

c. Past Future Perfect Tense

d. Past Future Perfect Continuous Tense

(Sumber foto: studiobelajar.com)

Jadi, 16 jenis tenses itu bisa dikelompokkan dalam 4 kategori besar, yang kemudian masing-masingnya dibagi 4 lagi. Sehingga totalnya pun adalah 16 tenses. Mungkin pada awalnya kita akan merasa kewalahan untuk dapat menghapal kesemuanya. Namun bila kita memahaminya dengan perlahan, sesungguhnya pembagian tenses tadi cukup sederhana dan mudah dihapal. Lihat saja pola nya. Dari ke-4 kategori besar itu tadi, lihat bagian a sampai d, di masing-masing kategorinya. Terlihat pola nya? Seperti pengulangan saja kan? Dengan sedikit perbedaan di sana-sini.

Ada peribahasa orang bijak yang mengatakan bahwa, “Orang cenderung memusuhi sesuatu yang tidak dikenalnya.” Demikianlah, kalau kita merasa tidak kenal dengan bahasa asing, akhirnya kita takut, dan malah memusuhi, tidak mau tahu, dan lain sebagainya. Lain hal nya kalau kita secara perlahan-lahan berupaya memahaminya. Rasa asing itu sedikit demi sedikit akan menghilang, dan malahan kita akan menjadi akrab dengannya.

Baiklah, sekilas itulah pembagian tenses dalam penggunaan kalimat berbahasa Inggris. Semoga semakin kita mengenalinya, semakin memudahkan kita untuk mempelajarinya. Mudah-mudahan bermanfaat.