Konsep Dasar Ideologi sebagai Pengantar untuk Mulai Belajar Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Part I

  1. Konsep Dasar Ideologi

Secara etimologis, ideologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “ideo” dan “logos”. “ideo” mempunyai arti cita-cita dan “logos” mempunyai arti ilmu pengetahuan dan paham. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ideologi adalah seperangkat nilai, ide dan cita-cita yang tersusun secara sistematis sebagai hasil gagasan pemikiran yang mendalam dan diyakini kebenarannya sehingga dijadikan petunjuk, pedoman untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain menurut pengertian diatas, Cambridge Internasional Dictionary of English, tahun 1995, juga menyatakan bahwa Ideologi adalah seperangkat konsep atau prinsip yang menjadi dasar dari setiap sistem partai dan organisasi politik.

Apabila ditelusuri secara historis istilah ideologi pertama kali dipakai dan dikemukakan oleh seorang perancis, Destutt de Tracy, pada tahun 1796. De Tracy mempunyai cita-cita untuk membangun suatu sistem pengetahuan. Apabila Leibniz menyebutkan impiannya sebagai “one great system of truth”, dimana tergabung segala cabang ilmu dan segala kebenaran ilmiah, maka de Tracy menyebutkan “ideologie”, yaitu “science of ideas”, suatu program yang diharapkan dapat membawa perubahan institusional dalam masyarakat Perancis. Namun Napoleon mencemoohkannya sebagai suatu khayalan belaka, yang tidak mempunyai arti praktis.

Perhatian kepada konsep ideologi menjadi berkembang lagi antara lain karena karena pengaruh Karl Marx. Ideologi menjadi volkabuler penting di dalam pemikiran politik maupun ekonomi Karl Marx mengartikan ideologi sebagai pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidang politik atau sosial ekonomi.

Seperti halnya filsafat, ideologi pun memiliki pengertian yang berbeda-beda. Hal ini antara lain disebabkan juga oleh dasar filsafat apa yang dianut, karena sesungguhnya ideologi itu bersumber kepada suatu filsafat.

Pengertian ideologi secara umum dapat dikatakan sebagai kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, kepercayaan-kepercayaan, yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut :

  1. Bidang politik (termasuk di dalamnya bidang pertahanan dan keamanan)
  2. Bidang sosial
  3. Bidang kebudayaan
  4. Bidang keagamaan