Berkenalan dengan Soft Skill Berpikir Kritis

Soft Skill Berpikir Kritis

rancah.com – Soft skill, apa sih soft skill itu? mungkin sebagian ada yang masih kebingungan mengenai apa itu soft skill, seperti apa soft skill tersebut dan apakah berpengaruh besar untuk kehidupan?

Soft skill merupakan kemampuan yang sifatnya berhubungan dengan personal atau diri sendiri. Salah satu contohnya yaitu mengenai kemapuan dalamĀ  berkomunikasi atau kemampuan dalam bernegosiasi. Itu merupakan salah satu soft skill yang kita miliki. Aku rasa semua orang bisa melakukan hal tersebut, dibarengi dengan keyakinan dan usaha tentunya. Setiap hari manusia melakukan komunikasi, entah itu dengan Tuhan-nya, diri sendiri atau dengan orang lain. Akan sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari maupun profesional. Maka, kesimpulannya yaitu soft skill memang sangat dibutuhkan.

Salah satunya yaitu soft skill mengenai berpikir kritis. Apa sih sebenarnya berpikir kritis itu? Berpikir kritis adalah cara untuk memecahkan masalah secara mendalam, berpikir secara objektif dan dapat mengidentifikasi. Dalam berpikir kritis kita dapat memecahkan masalah hal yang relevan atau tidak. Manfaat lainnya dalam berpikir kritis yaitu yaitu untuk mengevaluasi diri sendiri secara realistis. Contohnya yaitu saat kita mengalami kegagalan entah dalam karir maupun pendidikan, kita dapat mengevaluasi mengapa hal tesebut bisa gagal dan apa yang harus diperbaiki. Dalam hal kecilpun berpikir kritis dibutuhkan dan diterapkan setiap hari. Terutama berpikir kritis dapat digunakan untuk memecahkan masalah pada suatu kelompok.Kita dapat memberikan alasan kuat serta valid saat menyampaikan suatu argumen.

Dalam berpikir kritis pun ada hambatan-hambatannya, tidak semulus seperti jalan tol hehehe. Hambatan tersebut muncul dari adanya pikiran kita, yaitu kita berpikir bahwa kita yakin dan percaya dengan pemikiran kita. Selain itu, terkadang kita tidak dapat terima dari kritikan orang lain. Menganggap bahwa kritikan tersebut tidak benar.

Menghindari hal tersebut ada beberapa strategi dalam proses berpikir kritis. Pertama dapat mempertanyakan hal mendasar, menganalisis, hingga mengevaluasi. Semoga dengan kita berpikir kritis dapat menganalisa perlakuan doi kepada kita hihihi. Bisa juga lho guys berpikir kritis diterapkan dengan permasalahan hubungan.

Ya, kurang lebih seperti itu mengenai berpikir kritis. Semoga bermanfaaat dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Salam cinta luv