Bagus Mana? Baca di Ebook Atau Buku Langsung

rancah.com – Membaca adalah sebuah kegiatan yang sangat penting untuk pengembangan diri kita. Oleh karena itu jika ingin menjadi lebih berkembang, membaca adalah salah satu pilihan yang tepat untuk lo.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini. Membaca sekarang dapat dimana saja, mulai dari Ebook sampai dengan membaca buku aslinya. Namun kalo gitu bertanya dan membandingkan lebih bagus mana antara Ebook dengan Buku asli? Jawabannya adalah tergantung.

Antara Buku Elektronik dengan Buku Asli mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Nah, gue pada artikel kali ini akan membahas perbandingan kelebihan dan kekurangan antara Ebook dengan Buku asli.

Akan ada 2 bahasan topik yaitu Kelebihan dari Ebook dan Buku dan Kekurangan Ebook dan Buku. Berikut diantaranya:

Perbedaan Mendasar Antara Ebook dengan Buku Asli

1. Kelebihan Ebook dan Buku

Ebook dan Buku memiliki beberapa kelebihan yang berbeda. Gue akan ngejelasin secara singat apa aja sih kelebihan dari Ebook dan Buku. Pertama (Ebook), memiliki kelebihan yaitu

Mudah Dibawa, tapi tergantung lo membaca Ebooknya dimana? Kalo di laptop ya sedikit susah dibawa sih hehe. Tapi sih kebanyakan orang membaca buku lewat Smartphone Mereka.

Simple, dibandingkan lo membawa buku yang banyak ke sekolah. Ebook bisa lebih simple, ya dengan bermodalkan Smartphone kita bisa membawa lebih banyak buku.

Sedangkan kelebihan dari buku asli adalah Tidak Mudah Terdistraksi, karena dibuku mana ada notifikasi yang muncul dari atas hehe. Jadi saat kita membaca kita bisa lebih konsentrasi.

Gak ada Radiasi, membaca dibuku lebih aman dibanding membaca di Smartphone. Karena lo tau gak? Kalo di Gadget itu bisa menimbulkan radiasi dan nantinya gak bagus buat kesehatan mata lo.

2. Kelemahan Ebook dan Buku

Kelemahan Ebook dan Buku juga ada beberapa perbedaan diantaranya. Kalo di Buku Elektronik.

Adanya Radiasi, gadget kita mengeluarkan radiasi yang cukup berbahaya buat mata kita. Jadi kalo lo mau baca di gadget, gue saranin jangan lama-lama. dan pakai teknik baca-istirahat.

Muncul Notif, kalo di gadget (kecuali gadget khusus baca) itu memiliki notifikasi dari applikasi lain. Sehingga kita lebih ada kemungkinan terdistraksi sama notif yang muncul. Apalagi kalo notif dari doi.

Sedangkan kalo buku asli memiliki kekurangan, seperti Ribet Dibawa, membawa buku fisik memang sedikit ribet apalagi kalo lo anak milenial banget yang gak mau ribet.

Itulah bahasan dari topik lebih bagus mana antara Ebook dan Buku (asli). Semoga dengan dibuatnya artikel ini, lo bisa menentukan / memilih media baca yang tepat untuk lo.

Jangan lupa baca artikel gue yang sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga ke teman-teman kalian yang masih binggung mau membaca buku dimana. Segitu aja dari gue, sekian dan terima kasih.