Makin Pintar! Inilah 5 Manfaat Membaca Buku di Kehidupan Sehari-hari

rancah.com – Buku selain menjadi jendela dunia. Buku bisa dibilang bagus untuk menjadi sumber pengetahuan dan pengembangan diri kita. Bahkan bukan cuma itu saja, buku ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya.

Karena buku memiliki banyak sekali manfaatnya, gue pengen membahas manfaat dari membaca buku ini. Yang gue udah rangkum menjadi 5, Inilah 5 Manfaat Membaca Buku di Kehidupan Sehari-hari. Diantaranya adalah

Manfaat Membaca Buku di Kehidupan Sehari-hari

1. Dapat Mengurangi Stress

Melakukan aktifitas kita seperti biasanya selama terus menerus akan menimbulkan Stress. Hal itu diakibatkan karena munculnya hormon pemicu stress yaitu Hormon Kortisol.

Nah, dengan membaca ternyata dapat membuat kita lebih relaks dan dapat menekan peningkatan Hormon Kortisol tersebut. Berdasarkan penelitian, kita bisa menghilangkan stress sampai 67%.

Jadi cocok banget nih buat lo yang seharian penuh untuk kerja atau ngelakuin aktifitas yang bikin stress. Lo bisa coba membaca sebelum tidur atau setelah melakukan aktifitas tersebut.

2. Menambah Kosa Kata

Kosa Kata adalah hal yang penting untuk kita bisa lebih lancar dalam berkomunikasi. Nah, ternyata salah satu cara untuk menambah kosa kata adalah dengan membaca. Hal ini dikarenakan beda penulis, beda cara penulisannya.

Jadi kita bisa menambah kosa kata dari membaca buku. Apalagi kalo lo baca buku ilmiah ataupun baca buku daerah. Ini bakalan banyak banget kosa kata baru yang awalnya lo gak bakal ngerti, tapi nanti lama-lama lo kebiasaan.

3. Meningkatkan Kualitas Memori

Meningkatkan kualitas memori bisa dilakukan dengan cara membaca buku. Apalagi kalo yang lo baca adalah buku cerita ataupun novel. Yang mempunyai Alur, Karakter, Latar Belakang, Sejarah dan Unsur-unsur lainnya.

Jadi secara tidak sadar, otak lo akan melakukan proses pengingatan. Nah, disini kalo lo sering membaca buku itu artinya lo akan sering melakukan proses pengingatan. Yang nantinya otak lo bakalan lebih kuat dalam hal memori atau mengingat.

4. Dapat Meningkatkan Empati

Kalo lo membaca buku cerita atau novel atau buku-buku lain yang memiliki alur suasana. Lo akan bisa lebih menghayati suasana dari cerita tersebut. Dan secara gak sadar, emosi lo juga akan dibentuk melalui latar suasana tersebut.

5. Melatih Keterampilan Menganalisa

Membaca buku ternyata dapat melatih keterampilan kita dalam menganalisa sesuatu. Sebagai contoh ketika kita membaca novel detektif, kita akan dibawa layaknya seorang detektif yang sedang menyelesaikan masalah.

Nah, disini nanti lo akan banyak menduga-duga kejadian yang akan terjadi. Menduga-duga inilah yang akan melatih skill dari analisa lo.

Itulah 5 Manfaat dari Membaca Buku di Kehidupan Sehari-hari. Semoga dengan artikel ini lo bisa lebih banyak membaca buku, supaya lo menjadi pribadi yang lebih baik.

Jangan lupa baca artikel gue yang  sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga ke teman-teman kalian yang belum suka membaca buku, agar mereka bisa lebih suka membaca buku karena sudah tahu manfaatnya. Segitu aja dari gue, sekian dan terima kasih.