Kupas Sekolah! Alasan Siswa Lebih Milih SMK

rancah.com – SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan) adalah sebuah pendidikan formal kejuruan yang ada di indonesia. Di SMK ada banyak macam-macam program keahlian yang telah disediakan seperti TKJ, Tata Boga, Akutansi dan masih banyak lagi.

Peminatnya pun tidak kalah banyak dengan yang ada di SMA (Sekolah Menengah Atas) karena SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) juga memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Dan beberapa diantaranya akan gue bahas diartikel ini.

Seperti biasa gue akan membahas beberapa aja. Jadi kalo menurut lo masih ada yang perlu ditambahin silahkan tulis di kolom komentar.

Keuntungan Menjadi Anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

1. Memiliki Pengalaman Kerja

Seperti yang kita ketahui kalo kita masuk ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Di akhir-akhir kita akan ada yang namanya PKL yaitu Praktek Kerja Lapangan atau bisa juga Pelatihan Kerja Lapangan atau kalo pake bahasa inggris On-The-Job Training.

Tentunya dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan) ini kita nantinya bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah. Hal inilah yang menyebabkan anak SMK bisa mendapatkan pekerjaan lebih mudah dibandingkan anak SMA.

2. Fokus sama Satu Keahlian

Salah satu keuntungan dari SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah lo bisa fokus sama satu keahlian saja. Sebagai contoh lo suka dengan teknologi komputer, lo bisa nih masuk jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan).

Dengan ini lo bisa belajar sesuai apa yang lo suka aja. Jadinya lo bisa fokus sama satu keahlian lo ini dan bisa mengerjakan tugas dengan have fun karena ini adalah hal yang lo sukai. Jadi lo bisa belajar tanpa beban.

3. Mudah dapat Pekerjaan

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan hal itu karena di SMK sudah ada yang namanya PKL (Praktek Kerja Lapangan). Disamping itu perusahaan lebih suka memilih orang yang sudah berpengalaman.

Jadinya lo bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan kalo lo menjadi anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) ini. Dan juga lo sudah mempunyai skill atau keahlian sesuai bidang lo itu.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa lo dapatkan ketika masuk SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Semoga artikel ini bisa membantu lo yang lagi cari keunggulan untuk masuk SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Jangan lupa baca artikel gue yang sebelum dan sesudahnya di profil penulis Riczky Pratama. Bagikan juga ke teman-teman lo yang mau masuk SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) supaya lebih mantap pilihannya. Segitu aja dari gue, sekian dan terima kasih.