Kegiatan Produktif Selama Masa Pandemi Bagi Pelajar

Kegiatan Produktif

Rancah.com – Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita tentang adanya wabah corona ini. Corona ialah virus yang menyerang manusia maupun hewan,  virus ini menyerang pada bagian saluran pernafasan. Corona dapat juga disebut Coronavirus. Tapi sekarang, beberapa negara menyebutnya dengan Covid-19.

Disisi lain, dampak dari Covid-19 ini memang membuat pola kehidupan kita berubah. Dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19 juga sangat banyak, dari segi aspek pendidikan, ekonomi, pariwisata, budaya, dan masih banyak lagi.

Apa aja dampak pendidikan selama pandemi ini? Salah satu contohnya adalah adanya kegiatan belajar mengajar secara daring, atau belajar dari jarak jauh. Maka dari itu, kita sebagai pelajar jangan patah semangat untuk belajar meskipun tidak bertatap muka dengan guru seperti biasanya. Adanya sistem belajar mengajar juga bisa melatih tanggung jawab bagi para pelajar untuk mengerjakan tugas secara tepat waktu.

Kita juga bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dan produktif selama berada dirumah. Melakukan berbagai aktifitas guna untuk merilekskan tubuh kita. Banyak beraktifitas juga bisa membantu tubuh kita untuk bekerja lebih baik lagi, meningkatkan daya tahan tubuh kita, dan membakar berbagai macam penyakit dalam tubuh. Bagi pelajar, setidaknya memiliki kegiatan produktif selama masa pandemi ini. Berikut merupakan kegiatan yang bermanfaat dan produktif dari aku.

  1. Berolahraga

Berolahraga mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Berolahraga juga bisa dilakukan dimana saja, dan bisa menggunakan berbagai macam peralatan yang ada. Disini, aku biasanya berolahraga setiap pagi dan malam. Aku hanya mengandalkan aplikasi yang ada di hp. Sekarang internet juga sudah canggih, sekali ketik yang kita cari langsung ada jawabannya.

Berolahraga itu juga sangat penting bagi tubuh kita, meningkatkan daya tahan tubuh kita, meningkatkan kekebalan pada tubuh kita, dan masih banyak lagi..

Setiap hari Minggu aku juga menyempatkan untuk lari pagi bersama teman aku. Sekedar melatih kelentukan otot kaki dan menghirup udara segar diluar an sana, dan jangan lupa memakai masker.

Setelah berolahraga jangan lupa untuk menyediakan minuman. Disini aku wajib untuk minum air putih, air putih juga berguna pada tubuh kita, untuk membasmi penyakit

  1. Membuat cerita

Biasanya jika sedang suntuk, aku menulis cerita. Menulis cerita merupakan hobi aku sedari kecil. Kita juga bisa mempromosikan cerita yang sudah kita buat diberbagai aplikasi yang ada.  Selama pandemi ini, aku terus mengasah kemampuan menulis aku supaya lebih baik lagi.

Disisi lain, membuat cerita juga mengasah pola pikir kita. Karena saat membuat cerita, juga membutuhkan banyak ide yang dituangkan. Sudah semestinnya, itu menguras otak kita. Semakin otak kita untuk berpikir semakin kuat pola pemikiran kita.

  1. Membaca Novel

Selain menulis, membaca juga hobi aku. Kebetulan dari SMP aku mulai membeli buku buku novel untuk keperluan aku dirumah, jika sewaktu waktu lagi masa gabut dan jenuh. Aku bisa membacanya kapan saja. Membaca juga punya manfaatnya, yaitu bisa menambah wawasan kita,menambah berbagai kosa kata kita, dan masih banyak lagi.

Biasanya, waktu yang efektif untuk membaca buku bagi aku itu sehabis shalat isya’. Itu merupakan waktu yang sangat aku sukai. Selain membaca buku aku juga bisa bersantai. Dan ditemani sengan berbagai cemilan yang sudah aku sedia

  1. Belajar Online

Sudah semestinya anak sekolah tau apa arti dari belajar. Belajar adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengasah otak kita entah itu otak kanan maupun otak kiri, dan berlatih untuk berfikir secara kritis dan rasional. Disini aku biasanya, belajar menggunakan aplikasi Ruangguru. Dijaman milenial ini, banyak anak anak yang memanfaatkan belajar menggunakan berbagai aplikasi entah itu Ruangguru, Zenius, dan lainnya.

Di Ruangguru juga banyak sekali materinnya. Dan itu sangat membantu aku disaat belajar dirumah. Sambil belajar, aku juga menuliskan berbagai rangkuman materi yang aku pelajari. Setelah itu, aku membaca ulang apa yang aku tulis.

  1. Membantu Orangtua

Membantu orangtua juga kewajiban kita sebagai anak. Semenjak libur sekolah ini, aku dituntut untuk mandiri oleh orangtua. Dimulai mencuci piring, menyapu rumah dan halaman rumah, mencuci baju. Itu menurutku sudah lebih dari cukup, untuk menguras tenaga ku. Tapi disisi lain, itu sangat menyenangkan karena kita banyak gerak dan mengeluarkan keringat yang baik untuk kondisi tubuh kita.

  1. Tadarus atau Mengaji

Selama libur masa pandemi ini, aku menyempatkan untuk mengaji ataupun tadarus. Hal ini, aku lakukan untuk melatih hafalan ku. Selama libur kita juga harus menyempatkan untuk beribadah kepada Sang Pencipta. Lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Tadarus juga bisa melatih kinerja otak kita dan lisan ataupun capan kita. Selain bermafaat unuk duniawi, tadarus ataupun mengaji juga bemanfaat untuk kehidupan diakhirat.