Istilah Panggilan ‘San, Kun, Chan’ pada Bahasa Jepang

Bahasa Jepang

Assalamualikum Pak, bu, adik, kakak dan semuanya. Panggilan-panggilan tersebut diterapkan untuk kita sebagai bentuk kesopanan saat memanggil nama orang. Baik itu orang tua, sepantaran maupun dibawah umur kita. Kita menggunakannya untuk komunikasi sehari-hari maupun untuk professional. Seperti itu budaya kita.

Berbicara mengenai budaya, setiap negara akan mempunyai budayanya masing-masing. Seperti di kita budaya Indonesia di mana saat memanggil nama orang akan menggunakan Pak atau Bu. Sama halnya dengan budaya Jepang saat memanggil nama orang akan diteruskan dengan “san, kun atau chan”.

Perbedaanya apa sih? San, Kun dan Chan? Tentu penerapan tersebut berbeda, ada yang digunakan untuk laki-laki dan perempuan. Baiklah, agar tidak bingung mari kita jelaskan.

  1. san

San dapat diartikan seperti, Pak, Bu atau saudara. Penggunaan san bisa diterapkan kepada siapa saja baik itu laki-laki maupun perempuan baik itu kalangan tua dan muda. San biasa digunakan untuk orang yang belum dikenal merupakan bentuk kesopanan saat bertemu orang baru. Cara penggunaanya seperti ini “Yamada San” artinya Saudara Yamada atau Pak Yamada.

2. Kun

Kun digunakan untuk anak laki-laki. Kun hanya digunakan untuk laki-laki saja. Maksudnya di sini Kun diterapkan pada laki-laki tidak hanya untuk anak kecil. Teman sebaya yang telah akrab akan memanggilnya dengan akhiran Kun. Bagi keluarganya pun bisa menggunakan kun kepada saudara atau adik laki-lakinya. Contohnya Tama Kun.

3. Chan

Chan biasanya digunakan hanya untuk anak perempuan saja. Tetapi panggilan ini bisa juga digunakan untuk anak laki-laki. Penggunaan chan ini sama dengan kun diterapkan pada anak perempuan yang sudah akrab dan dekat. Tidak hanya untuk anak kecil melainkan kakak perempuan dapat dipanggil chan oleh adiknya. Contohnya Mira chan.

Jadi penggunaan san, kun dan chan digunakan di belakang nama. Temen-temen boleh coba pake panggilan itu buat ke orang-orang terdekat, iseng-iseng aja gitu hehehe. Semoga bermanfaat.