Smartphone: Xiaomi Redmi atau MI, bedanya apa?

Rancah.com – Xiaomi pertama kali merilis smartphone terbarunya pada tahun 2011.  Sempat menjadi sorotan di dunia smartphone, Xiaomi berhasil menembus pasar dunia sebagai produsen terbesar pada tahun 2014 setelah Samsung dan Apple. Bahkan pada tahun tersebut, Xiaomi juga menyandang gelar sebagai vendor smartphone terbesar di Tiongkok. Xiaomi dikenal sebagai produsen smartphone android yang murah, berkualitas, dan tidak kalah desain dengan vendor smartphone yang lain. Tidak heran jika semakin hari, peminat smartphone merek Xiaomi pun semakin banyak, khususnya di Indonesia.

Penulisan artikel ini  berawal dari penyesalan seorang teman yang baru saja membeli smartphone Xiaomi Redmi 8 Pro yang baru dirilis di Indonesia sekitar beberapa bulan yang Lalu. Pasalnya, dalam jangka beberapa minggu kemudian, Xiaomi kembali mengumumkan dan merilis smartphone terbarunya yaitu Xiaomi MI note 10 Pro yang juga berhasil menjadi salah satu smartphone yang banyak dilirik oleh para penggemarnya. Namun, masih banyak konsumen yang sebenarnya tidak mengetahui perbedaan antara Xiaomi Redmi dan Xiaomi MI, atau bahkan ada yang tidak menyadari kalau keduanya adalah berbeda. Jadi, sebenarnya apa aja sih perbedaan antara Xiaomi Redmi dan Xiaomi MI?


Agar tidak salah beli, berikut adalah beberapa indikator yang membedakan antara Xiaomi Redmi dan MI:

1. Processor

Xiaomi Redmi diciptakan dengan menggunakan processor seperti quad-core atau octa-core kelas menengah, baik Qualcomm Snapdragon maupun MediaTek yang memang ditujukan untuk konsumen kalangan menengah dan entry level.

Xiaomi MI di desain dengan menggunakan processor kelas atas seperti CPU quad-core atau quadcore Snapdragon 800 Series dari Qualcomm. Jenis processor ini juga digunakan oleh smartphone high-end dari produsen yang lain. Xiaomi MI ini ditujukan untuk pengguna dari kelas menegah keatas.

2. Spesifikasi

Dalam hal kapasitas RAM, Xiaomi Redmi memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil dibandingkan xiaomi MI. Begitu juga dari segi kualitas kamera, Xiaomi MI selalu memiliki resolusi yang lebih rendah dibandingkan dengan Xiaomi MI. Dari sisi desain, Xiaomi MI juga terlihat lebih elegan dengan bahan yang terbuat dari perpaduan plastik, aluminium, atau stainless steel dan selalu diikuti oleh ikon MI yang menempel pada smartphone tersebut.

3. Harga

Sesuai dengan processor yang digunakan dan spesifikasi yang dimiliki, Xiaomi MI tentu memiliki harga yang cenderung lebih mahal dari Xiaomi Redmi.

Dari ketiga aspek tersebut, disimpulkan bahwa Xiaomi MI dapat dikatakan memiliki kelas yang lebih tinggi dibandingkan Xiaomi Redmi.

Demikian perbedaan antara kedua spesifikasi smartphone yang berada dibawah naungan Xiaomi. Semoga dapat membantu jika ingin membeli smartphone Xiaomi, tentunya sesuai dengan kelas dan budget kita masing-masing.



    KOMENTAR