Dua Stasiun Televisi Nasional Tertua di Indonesia

Rancah.com – Televisi merupakan media komunikasi yang menyediakan berbagai informasi yang update, dan menyebarkannya kepada khalayak umum. Hingga kini televisi masih dianggap sebagai pusat informasi khusunya di Indonesia.

Di Indonesia ada dua stasiun televisi yang paling tua dan masih eksis hingga saat ini, untuk tau lebih lanjut, mari kita simak.


TVRI

Yang pertama ada TVRI, sejarah singkat, Pemerintah Indonesia pada tahun 1961 ingin mengadakan media massa televisi kedalam projek prmbangunan asian games (IV), ditahun berikutnya. Presiden Soekarno memerintahkan untuk menyegerakan proyek televisi tersebut, cukup satu tahun persiapan, barulah TVRI mengadakan siaran percobaan pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 17 di Istana Merdeka.

TVRI, sejak 24 Agustus 1962, hadir pertama kali mengisi ruang keluarga dan ingatan masyarakat Indonesia dengan tayangan-tayangan program pemerintah. Setiap zaman memiliki karakter tontonannya. Pada masanya dan hingga kini, TVRI bisa eksis dan menjadi alat komunikasi pemerintah.

RCTI

Nah selanjutnya ada RCTI, stasiun televisi swasta pertama di Indonesia, bagi yang belum tau, RCTI merupakan singkatan dari (Rajawali Citra Televisi Indonesia). Berdiri pada21 Agustus 1987 di Jakarta. Pada 13 November 1988, selama 4 jam sehari dengan dekoder. RCTI melakukan siaran percobaan pertama kalinya.

Pada akhir 1989 RCTI baru melepas dekodernya. Sejak tahun 1990, Pemerintah mengizinkan RCTI melakukan siaran bebas secara nasional namun baru terwujud pada akhir 1991 setelah membuat RCTI Bandung pada 1 Mei 1991.

RCTI juga telah memiliki hak siar atas ajang sepak Bola bergengsi Eropa, seperti kejuaraan Eropa yang rutin ditayangkan setiap empat tahun sekali sejak 1992 hingga sekarang.



    KOMENTAR