Microsoft Translator Menambahkan Bahasa Irlandia ke Database MT

Misi Microsoft yang berkelanjutan untuk memecah hambatan bahasa berlanjut dengan bahasa Irlandia. Kemarin (01/28), Microsoft telah menambahkan Bahasa Irlandia ke Microsoft Translator. Irish Gaelic, biasanya disebut sebagai Irish Language atau Bahasa Irish, dan umumnya dikenal dalam bahasa Irlandia sendiri sebagai Gaeilge (diucapkan “gwael-guh”), adalah tambahan terbaru untuk keluarga bahasa Microsoft Translator. Ini membawa bahasa Irlandia ke semua skenario yang diberdayakan oleh Microsoft Translator, termasuk Custom Translator, yang membantu pelanggan membangun sistem terjemahan untuk terminologi dan gaya khusus.

Kredit gambar: news.microsoft.com

Teknologi penerjemahan mesin Neural baru-baru ini mencapai peningkatan kualitas yang mengesankan, ditandai dengan output yang sangat lancar dan akurat, bahkan untuk bahasa dengan sumber daya rendah seperti Gaeilge. Menggunakan pembelajaran yang mendalam, Microsoft telah memperbaiki model terjemahan mesin tersebut secara iteratif. Dengan rilis hari ini (red, kemarin), komitmen Microsoft untuk memberikan terjemahan mesin berkualitas tinggi untuk Gaeilge pindah ke tahap berikutnya, saatnya bersiap untuk terus meningkatkan kualitas terjemahan berdasarkan umpan balik dari para pengguna.

Bahasa Irish

Bahasa Irish adalah bahasa resmi negara Irlandia, dan juga memiliki status resmi di Uni Eropa. Ini diklasifikasikan sebagai bahasa Celtic, keluarga bahasa yang mencakup Welsh, Gaelic Skotlandia, Breton, Manx, dan Cornish. Pertama kali muncul lebih dari 2.500 tahun yang lalu. Bahasa Irish dituturkan sebagai bahasa pertama di sejumlah wilayah Irlandia dan diajarkan di semua sekolah di seluruh negeri.

Profesor Andy Way, kepala tim-MT di Pusat Penelitian ADAPT Irlandia, berbagi dukungannya dengan menyatakan “Kami sangat senang mendengar peluncuran sistem MT Neural baru Microsoft untuk Irish.” Rekannya, Dr. Teresa Lynn, Rekan peneliti yang berspesialisasi dalam teknologi bahasa Irish di ADAPT, menambahkan “Peluncuran Microsoft sistem NMT berbahasa Irish, mereka sepenuhnya melengkapi pekerjaan yang telah kami lakukan di ADAPT selama beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan terjemahan mesin Irish dalam administrasi publik. Dengan rilis baru ini, komunitas bahasa Irish yang lebih luas sekarang memiliki kesempatan untuk menikmati manfaat dari teknologi bahasa maju. ”Demikian juga, Cllr. Peter Kavanagh, Juru Bicara Bahasa Irish Partai Hijau dan Co-founder Pop Up Gaeltacht, mengatakan “Sangat positif melihat Microsoft meluncurkan mesin terjemahan mesin berbahasa Irlandia (Irish).”

Kredit gambar: deminasi.com

Irish Gaelige tersedia sekarang, atau juga dalam beberapa hari ke depan, di semua aplikasi Microsoft Translator, add-in, Office, Penerjemah untuk Bing, dan melalui API Penerjemahan Services Cognitive ServicesTranslator untuk bisnis dan pengembang.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan Microsoft Translator

Terjemahan percakapan real-time, menu dan rambu jalan, situs web, dokumen, dan lainnya menggunakan aplikasi Penerjemah untuk Windows, iOS, Android dan web. Gunakan Microsoft Translator Text and Speech API, keduanya anggota keluarga Azure Cognitive Services, untuk membantu mengglobalisasikan interaksi bisnis dan pelanggan Anda. Buat ruang kelas yang lebih inklusif untuk siswa dan orang tua dengan captioning langsung dan pemahaman lintas bahasa.

Sumber referensi:

  1. Https://www.microsoft.com/en-us/translator/blog/2020/01/23/dia-daoibh-ta-gaeilge-againn/
  2. https://www.deminasi.com/