Kota Jailolo Indonesia di Guncang Gempa 5,3 Dikala Pandemi

Skala Ritcher Gempa Bumi Cerita Lucu

Rancah.com – Kita baru-baru ini mendapatkan kabar duka dari maluku utara, lebih tepatnya dekat kota jailolo. Yap, walaupun kejadian ini tidak banyak menimbulkan korban jiwa akan tetapi ini tetap saja membuat orang yang berada di sana merasa panik.

Gempa tektonik berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang maluku utara pada hari rabu kemarin. Gampa tektonik ini menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika berasal dari 123 km Barat Laut Kota Jailolo, Halmahera Barat dan 127 km Barat Laut Kota Ternate.

Menurut petugas BMKG Ternate yaitu si bapak Taufik Taufan, menjelaskan kalo gempa bumi ini memiliki parameter ter update yaitu dengan magnitudo 5,2 Skala Ritcher. Dan diketahui juga bahwa episenter ini ternyata terletak pada kedalaman kisaran 44 Kilo Meter.

Taufik Taufan mengatakan bahwa “”Hasil analisis mekanisme sumber ini menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme yang perlahan bergerak naik,”. Dan juga menurut keterangan berbagai para saksi bahwa gempa bumi ini dirasakan di sejumlah daerah juga.

Yap, gempa bumi ini dirasakan oleh beberapa sejumlah daerah diantaranya yaitu di daerah pulau mayau, kota ternate, daerah tomohon, daerah bitung, dan juga daerah manado.

Taufik Taufan berkata lagi kepada media bahwa “Untungnya dari gempa bumi ini tidak ada dampak kerusakan”. Imran Lolori, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau bisa disingkat BPBD mengatakan bahwa “Kami sedang melakukan monitoring di lapangan dan sejauh ini masih belum ada laporan kerusakan bangunan atau korban jiwa.”

Di kota jailolo sendiri terasa getaran gempa bumi yang sangat kuat. Oleh karena itu kamu yang berada di daerah yang berada di dekat gempa, disarankan untuk berhati-hati. Ya walaupun gempa bumi ini tidak terlalu besar dan juga tidak menimbulkan kerusakan.

Akan tetapi ada baiknya jika kita tetap bersiap dan berhati-hati kalo misalkan nanti ada gempa susulan. Semoga musibah yang ada di sana bisa segera reda dan semoga juga gak ada korban jiwa.

Apalagi gempa bumi ini ada disaat pandemi virus korona atau virus covid-19 ini. Yang tentunya akan menambah kepanikan kalo ada musibah dengan situasi tersebut. Imran juga mengatakan kalo semuanya sedang dalam komunikasi, jadi kita tunggu aja ya perkembangannya.

Semoga sih tidak banyak menimbulkan korban jiwa atas kejadian atau atas musibah tersebut. Laporan ini dirangkum dari berbagai sumber yaitu CNN Indonesia dan LIPUTAN6. Terima Kasih.