Hal-hal yang Suka Dilupakan Ketika Mendaki Gunung

Rancah.com – Berkegiatan di alam bebas merupakan kegiatan yang memiliki banyak resiko. Mengapa beresiko? Karena faktor alam adalah hal yang sangat sulit ditebak. Faktor cuaca, faktor binatang buas hingga faktor dari diri sendiri (Human Error). Perlu pemahaman serta persiapan yang baik, meskipun kita tidak bisa menghilangkan resiko yang ada dialam bebas, minimal kita bisa meminimalisir resiko – resiko yang akan terjadi. Berikut adalah hal – hal yang suka dilupakan ketika kita mendaki gunung.

1. Membawa Peta

Di zaman yang sudah canggih ini, jika kita ingin mencari suatu lokasi di kota tentunya sudah sangatlah mudah, kita hanya tinggal membuka ‘Google Maps’ lalu mencari lokasi yang akan kita kunjungi di gadget kita maka kita ‘Google Maps’ akan mengarahkan kita menuju tempat yang akan kita kunjungi.

Namun, lain hal ketika kita sedang mendaki gunung. Kita bisa ketahui bahwa di gunung tidak ada sinyal internet, tentunya ‘google maps’ tidak akan bisa membawa kita menuju ketempat yang akan kita kunjungi. Peta yang kita bawa ini akan berfungsi memberikan informasi mengenai gambaran lokasi yang akan kita kunjungi.

2. Membawa Golok

Golok jangan pernah lupa kita bawa. Karena banyak sekali fungsi golok yang kita bawa. Bisa kita gunakan untuk menebas dahan – dahan ranting yang menggangu di perjalanan kita, membuat parit disekitar tenda agar terdapat aliran air kecil, digunakan untuk menggali lubang ketika kita akan melakukan aktifitas BAB dan juga dapat kita jadikan senjata untuk berjaga – jaga dari binatang buas.

3. Mencari Informasi Mengenai Gunung Yang Akan Di Daki

Sebaiknya, kita perlu mencari informasi mengenai gambaran gunung – gunung yang akan kita daki. Fungsinya sebagai apa? Informasi mengenai gunung yang akan kita daki bisa kita jadikan referensi dalam perjalanan kita. Saat ini, sudah banyak kok orang – orang yang menceritakan pengalaman mendaki gunungnya di blog – blog. So, lebih baik kita baca – baca dulu deh.

4. Tidak Membawa Peralatan Medis 

Dalam kondisi pendakian yang lancar – lancar saja, tentunya kita tidak perlu memikirkan tentang celaka apa yang akan menghampiri kita dalam perjalanan mendaki gunung. Tapi, bagaimana kalau seandainya perjalanan kita mengalami sedikit masalah ketika ada salah satu di tim kita yang cidera atau terluka? Tentunya kita tidak akan bisa menelpon rumah sakit untuk meminta bantuan. Hal yang bisa kita lakukan adalah kita tangani sendiri dengan peralatan medis yang kita bawa.

5. Mengasah Diri Dengan Kemampuan Pendakian

Mengasah diri dengan kemampuan mendaki perlu juga kita ingat. Untuk mengasah kemampuan kita dalam mendaki, kita bisa isi wawasan kita dengan materi – materi yang berkaitan dengan pendakian gunung, seperti : Navigasi Darat, Pertolongan Pertama hingga materi – materi Survival sederhana.

6.  Menyiapkan Kondisi Mental Dan Fisik

Nah untuk hal ini, hanya diri kita sendiri yang dapat menjawab ini. Pada dasarnya untuk mempersiapkan mental sebelum mendaki, ketika kita memiliki pemahaman sedikit tentang mendaki gunung tentu rasa percaya diri kita akan bertambah, sehingga mental kita dalam mendaki gunung pun akan meningkat. Selain itu, jangan lupa juga siapkan fisik. Hal sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan lari – lari kecil (jogging) sebelum hari H mendaki.

7.  Membuang Sampah Sembarangan

Nah hal yang ini juga jangan sampai dilupakan ya. Yang perlu kita ingat adalah, bahwa alam akan menjaga kita ketika kita pun menjaga alam. Selain itu, yang mendaki gunung bukan hanya kita saja, jadi kita harus bisa mengupayakan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarang.

Semoga bisa membantu yaa guys.




Loading...

close