Tips Dan Teknik SEO Untuk Meningkatkan Omset Bisnis Anda

Rancah.com – Shandy kelihatan lesu. Bisnis penjualan sirup melalui website belum menunjukkan hasil. Padahal sudah berjalan 2 bulan sejak produk tersebut diluncurkan.

Dia sebenarnya sudah mencantumkan berbagai alamat media sosial, mulai dari facebook, whatsapp, nomor telepon dan sms, alamat email, instagram dan twitter. Justru efek positif berasal dari media sosial tersebut. Hanya website nya yang masih sepi pengunjung.

Hubungan Posisi di Halaman Pertama Mesin Pencari dengan Peningkatan Bisnis

Bagi anda yang memiliki bisnis berbasis online seperti Shandy, apakah mengalami hal yang sama? Tentu sangat menyenangkan apabila toko online / blog anda berada di halaman pertama ketika mengklik mesin pencari dengan kata kunci (keyword) tertentu. Dampaknya, trafik pengunjung akan tinggi. Semakin banyak pengunjung berarti konversi peluang menjadi konsumen semakin besar. Bagi seorang blogger, trafik tinggi adalah peluang bagus untuk segera mendaftar di Google adSense atau menjadi endorser.

Kegiatan SEO dalam Mencapai Posisi Teratas Mesin Pencari

Kondisi tersebut dapat terwujud apabila anda melakukan sesuatu dengan situs anda, dengan optimasi. Situs anda tidak dapat terpajang dengan sendirinya di halaman pertama mesin pencari. Diperlukan teknik khusus yang sering disebut SEO (Search Engine Optimization). Kalau beberapa tahun lalu, artikel 300-400 kata dipenuhi dengan banyak sekali keyword bisa menduduki peringkat atas di mesin pencari. Era sekarang tidak bisa lagi. Google terus melakukan pembenahan, salah satunya dalam hal alogaritma, agar memberikan hasil pencarian terbaik bagi penggunanya.

Ada beberapa cara dan strategi untuk mendongkrak peringkat dan trafik situs anda berada di halaman pertama mesin pencari :

  1. Riset keyword;

Lakukan perencanaan. Kemudian pikirkan, apa yang dicari orang ketika mengetikkan rangkaian kata kunci (keyword) di mesin pencari. Anda dapat menggunakan Google AdWords sebagai tool. Fitur tersebut bisa didapatkan di Google secara gratis. Kemudian googling keyword tersebut dan perhatikan artikel apa saja yang muncul. Rangkaian artikel tersebut memiliki kesamaan. Kecenderungan kesamaan itulah yang disebut tren, pola, seperti apa artikel yang diinginkan pengunjung. Anda dapat menjadikannya sebagai inspirasi dalam membuat konten, bukan copy paste lo.

  1. Sisipkan keyword ke dalam domain;

Dengan menyisipkan keyword ke dalam domain, dapat membantu mesin pencari bergerak kearah situs anda. Hal tersebut menjadi peluang  besar bagi situs anda untuk ditemukan oleh mesin pencari (search engine).

  1. Targetkan Long Tail Keyword;

Berdasarkan jumlah kata kunci, ada yang berjenis short tail keyword (terdiri dari 1-2 kata), misalnya : “memproduksi sirup” dan long tail keyword (terdiri dari 3 kata atau lebih), misalnya “memproduksi sirup di Jogja”. Hasil pencarian dengan long tail keyword  lebih sedikit dibandingkan dengan short tail keyword. Tetapi untuk mendatangkan trafik, lebih efektif menggunakan long tail keyword.

  1. Pentingnya plugins SEO;

Ada beberapa plugins yang dapat mendongkrak SEO. Contohnya : beberapa plugins WordPress yang dapat membantu SEO sebuah situs adalah Yoast WP SEO, All In One SEO Pack, Google XML, Sitemap, SEO Friendly.

  1. Buat Konten yang Lengkap dan Menarik;

Kalau seseorang memasukkan rangkaian kata di mesin pencari tentu mengharapkan jawaban yang komprehensif atas problem yang dihadapi. Google pun mendukung kebutuhan penggunanya dengan meletakkan konten-konten berkualitas di urutan atas hasil pencarian. Agar konten anda menarik dan berkualitas, gunakan kombinasi menarik antara kualitas tulisan artikel berbasis keyword SEO dengan gambar, video, ilustrasi, dan infografik. Media visual akan membantu pengunjung memahami isi konten lebih mudah. Kalau pengunjung merasa puas dengan konten situs anda, ada peluang untuk dishare di sosial media.

  1. Maksimalkan peranan Internal Link;

Internal link adalah pola hubungan antar halaman di dalam satu situs website / blog. Konten dikatakan berkualitas apabila halaman satu dengan lainnya saling berhubungan, di dalam satu website. Sehingga penting sekali perencanaan desain konten dengan struktur dan penyajian yang berkualitas, kreatif, menarik, efektif dengan dukungan koneksi internet cepat.

  1. Bangun Backlink;

Alogaritma Google mengalami perubahan mengikuti perkembangan waktu. Tetapi ada satu hal yang tidak akan berubah dalam SEO, yaitu backlink. Dengan backlink berkualitas akan berdampak pada reputasi website, dimata pengunjung dan Google. Lakukan secara bertahap dan konsisten.

  1. Tingkatkan Kecepatan Website.

Sebagus apapun performa website, kalau tidak diimbangi dengan kecepatan koneksi, akan ditinggalkan pengunjung. Menurut hasil riset Google, 53 % pengguna internet akan menutup halaman situs apabila loading lebih dari 3 detik. Sementara itu orang yang sudah kecewa dengan situs loading lambat, 79 % cenderung tidak akan membuka situs tersebut di masa mendatang. Meningkatkan speed koneksi internet merupakan salah satu SEO on page yang harus dilakukan agar kinerja SEO maksimal.

Kesimpulannya? Proses optimasi SEO merupakan rangkaian pekerjaan yang tidak sebentar. Dibutuhkan proses, konsistensi dan kejelasan target. Lakukan perencanaan secara bertahap, terukur dan konsisten agar pembenahan SEO situs anda benar-benar berdampak positif pada peningkatan posisi di mesin pencari dan berdampak positif pada penjualan produk sehingga dapat mendongkrak performa bisnis anda di masa mendatang. Terus belajar dan mencoba !!!

shutter stock