7 Tips Kreatif agar Anak Betah di Rumah dan Produktif

Ilustrasi anak. Foto: Bobo.com

Rancah.com – Beberapa saat lalu, pemerintah memberlakukan kebijakan belajar jarak jauh, yaitu belajar dirumah. Saat ini sudah berjalan sekitar 3 minggu. Ini dlakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang demikian cepat penularannya. Pihak sekolah sudah menyiapkan materi kegiatan yang dapat dilakukan untuk belajar dirumah. Kegiatan belajar dirumah tersebut difasilitasi oleh kecanggihan teknologi ponsel dan sosial media yang saat ini sedang hits.

Nah, setelah berjalan beberapa minggu, ternyata banyak para moms yang mengeluh, merasa terbebani oleh tugas belajar dirumah yang cukup padat dengan batas waktu pengerjaan yang  lumayan mepet. Misalkan, tugas mengukur lapangan bola. What?? Di satu sisi anak diharuskan belajar dirumah. Tetapi kenapa tugasnya justru harus keluar rumah? Bagaimana kalau selama perjalanan ke lapangan tersebut, ada aktivitas bersimpangan dengan orang lain yang sedang membawa virus? Atau mungkin mampir ke warung karena haus atau lapar? Justru beresiko akhirnya.

Nah, bagaimana sih sebenarnya cara meluangkan waktu yang produktif dan menyenangkan  selama liburan dirumah? Ada beberapa tips menarik nih moms. Kita kepo in lebih detail yuuk!!

  1. “Kocokan” Tugas Rumah.

Moms, sebelumnya, sepakati dulu dengan anggota keluarga, aturan main dan pembagian pekerjaan rumah selama liburan dan itu berlangsung berapa lama. Misalkan, aturan liburan selama 3 minggu. Buatlah daftar pekerjaan rumah harian, tulis satu per satu di kertas,  kemudian gulung atau dilinting seperti “kocokan arisan”. Setelah aturan main disepakati, “kocokan” bisa dimulai. Tiap anggota keluarga mengambil kertas linting tersebut, dicatat, kemudian ditempel di tempat yang sering jadi area berkumpul keluarga sehari-hari. Lakukan kegiatan “kocokan tugas rumah” tersebut tiap 3-4 hari sekali. Sudah membayangkan? Pasti tersenyum sendiri sekarang, hehe.

  1. Buat Pertunjukan Boneka.

Moms, ini bagus sekali kalau sesaat ingin menjauhkan gadget dari anggota keluarga. Buatlah boneka dari kertas. Bisa melihat di youtube. Kemudian berikan tambahan karakter di boneka tersebut sesuai dengan tokoh yang ingin ditampilkan, dengan spidol warna saja sudah cukup. Mungkin tambahan kumis, senyum, tahi lalat, dll. Lalu masukkan ke jari tangan kita, sambl bercerita. Ajak imajinasi anggota keluarga berlayar ke alam tanpa batas. Seru ??? Pastinya, hehehe.

  1. Bereksperimen dengan sains

Moms, kalau materi ini banyak sekali di youtube. Silahkan dipersiapkan bahan-bahanya sesuai dengan kemampuan dan yang tersedia dirumah. Libatkan semua anggota keluarga ya, mulai dari memilih jenis eksperimen, menyiapkan bahan-bahan, eksekusi hingga pembersihan area setelah selesai. Asik loh!!!

  1. Membuat makanan

Ini hampir semua anggota keluarga menyukainya moms. Hanya saja, kadang pilihan menu dan resiko selama memasak yang membuat beberapa orang malas melakukannya. Jadi buatlah susunan menu selama liburan sesuai dengan minat dan kesukaan masing-masing anggota keluarga, lalu susun jadwal memasaknya. Lakukan secara bergiliran setiap hari. Hmmm….aromanya sudah bisa dibayangkan!!!

  1. Buat permainan

Moms, buat jadwal permainan yang sesuai dengan kondisi rumah masing-masing. Tidak semua rumah memiliki halaman luas bukan? Silahkan browsing mencari jenis permainan yang seru, asik, sesuai dengan kondisi rumah, semua anggota keluarga terlibat, tetapi aman. Misalkan : catur, petak umpet, main kartu, dll.

  1. Membuat keterampilan

Ada lagi jenis aktivitas edukatif yang berhubungan dengan olah jari, yaitu membuat berbagai keterampilan tangan. Yang lagi hits sekarang, membuat aneka kreasi dari manik-manik. Ada juga membuat frame foto untuk membingkai beberapa hasil karya anak-anak ketika di sekolah. Atau membuat aneka rangkaian bunga, tas, dari bahan tas plastik “kresek” bekas. Aturan dasar berlaku ya moms, libatkan semua anggota keluarga. Siapa tau, ketika membuat tas atau rangkaian bunga, ada tetangga atau saudara yang melihat, tertarik kemudian membeli. Bisa jadi inspirasi usaha sampingan to?

  1. Nonton TV dan Bermain Ponsel

Ini mungkin sudah berlaku umum, semua keluarga pasti melakukan aktivitas tersebut. Supaya menjadi seru dan tidak membosankan, berikan tugas ke masing-masing anggota keluarga untuk membuat comment menarik dari acara yang ditonton, atau fitur di ponsel yang sudah dibuka/dimainkan/dibaca. Kemudian minta comment tersebut dikirim ke group WhatsUp keluarga. Lebih bagus kalau keluarga besar terlibat, seperti nenek, sepupu, tante, paman, dll.

Tidak hanya interaksi satu keluarga tetapi bisa melibatkan anggota keluarga yang berada di tempat lain. Kemudian dipilih comment yang paling asik, paling menarik. Berikan doorprize untuk pemenang hari itu. Doorprize tidak harus berbentuk barang. Bisa juga dalam bentuk penghapusan tugas hari itu, kemudian beban tugasnya dibagikan ke anggota keluarga lain yang tidak menang.

Nah, gimana moms? Sudah mulai muncul ide kan? Yuk segera eksekusi supaya kegiatan belajar dirumah tidak  jenuh dan membosankan. Pastikan kegiatan diatas dilakukan setelah anak-anak menyelesaikan tugas belajar dirumah ya. Selamat mencoba dan tetan semangat

#stay at home !!!