Tips Anti Bosan Belajar Di Rumah

belajar

Rancah.com – Sudah 3 bulan pelajar Indonesia melakukan proses belajar di rumah,mereka dituntut untuk belajar mandiri karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk pergi ke sekolah karena pandemi corona ini belum berakhir. Siswa tentunya lama-kelamaan akan merasa bosan hanya berdiam di rumah apalagi belajar sendiri, rasa malas dan kantuk pasti dialami oleh mereka. Lalu bagaimana tips belajar di rumah agar tidak cepat bosan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan di rumah.

  1. Pemilihan waktu

Pemilihan waktu belajar sangatlah penting, pilihlah waktu di pagi hari selain kamu masih fresh kamu juga akan cepat menyerap materi yang sedang dipelajari. Lakukan itu setiap hari maka kamu akan terbiasa dengan jadwal belajarmu sehingga kamu tidak akan cepat bosan.

  1. Pemilihan tempat
Baca Juga :   Tips Mudah Membedakan Masker Bedah Asli Dengan Masker Bedah Palsu

Kamu harus mencari tempat yang paling nyaman untuk kamu belajar bisa di kamarmu jika kamu mudah terganggu dengan suara berisik, pastikan ruanganmu nyaman tidak kepanasan, pastikan tempat belajarmu rapi dan tertata, kamu akan fokus jika ruang atau tempat belajarmu sudah nyaman.

  1. Membuat jadwal belajar

Jika kamu tidak mau bosan belajar maka kamu harus membuat jadwal materi apa saja yang harus dipelajari tiap harinya, jika kamu membuat jadwal maka tujuan belajarmu jelas.

  1. Istirahat

Belajar pun ada istirahatnya, istirahatlah beberapa jam sekali, karena kelamaan belajarpun itu tidak baik selain menguras pikiran tenagamu juga ikut terkuras, kamu bisa makan cemilan dulu atau kamu bisa rebahan, dan jika kamu merasa badan kamu pegal karena lama duduk kamu bisa melakukan peregangan di waktu istirahatmu.

  1. Menghapal dan memahami materi dengan cara unik
Baca Juga :   Tips Jitu saat Menghadapi Sidang Skripsi

Bagian menghapal adalah bagian yang paling malas dilakukan, karena butuh waktu yang tidak sebentar untuk menghapal materi apalagi sampai kedetail-detailnya. Kamu bisa lakukan dengan berbagai cara agar kamu cepat hapal dan paham materi yang kamu pelajari kamu bisa bermain dengan warna coba kamu menulis catatan dengan berbagai warna kamu akan mengingat bagian-bagian materi tertentu karena terbantu oleh warna bolpoinmu, membuat lagu berdasarkan materi ini akan membantumu cepat menghapal, atau kamu coba buat singkatan-singkatan dari materi tersebut,

  1. Membatasi Penggunaan HP

Jika kamu ingin fokus belajar usahakan kamu jangan bermain dengan HP di saat belajar, seperti chattingan, buka medsos, kamu bisa menggunakan HP kamu untuk kepentingan belajar seperti mencari bahan materi pelajaran atau bisa gunakan untuk berdiskusi dengann temanmu atau gurumu.

  1. Belajar sambil mendengarkan musik
Baca Juga :   Masuk Kerja Tambah Kinclong!

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa belajar sambil mendengarkan musik dapat merangsang otak kita dalam konsentrasi, ini akan meningkatkan kualitas belajarmu, kamu bisa memilih musik atau lagu favoritmu, atau juga sebagai rekomendasi kamu bisa mendengarkan instrumental dan musik klasik.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan di keseharianmu, selamat belajar.