Tips Memilih Buku yang Cocok: Nomor 4 Jangan Sampai Luput

Perasaan bimbang sering kali muncul ketika kita hendak memilih buku mana yang cocok dibawa pulang untuk menemani masa-masa luang. Berbagai perasaan yang hadir perlu dipertimbangkan dengan benar agar buku yang sudah dibeli bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Saya sempat bertanya kepada teman-teman yang memang gemar membaca tentang bagaimana cara mereka memilih buku yang pas. Berikut saya rangkum dalam beberapa tips penting dari yang terpenting.

  1. Penulis favorit

Memilih buku berdasarkan penulis favorit memang kerap kali menjadi incaran para pecinta buku. Apalagi jika penulis yang dimaksud adalah seorang yang terkenal akan kepiawaiannya dalam menulis. Saya yakin bahwa seseorang akan lebih mudah memilih buku yang cocok jika buku tersebut ditulis oleh penulis favoritnya. Selain karena rasa suka dan cinta terhadap isi bukunya, kita bahkan bisa merasa bangga kepada penulis tersebut.

Saya dan beberapa penggemar buku lainnya juga mungkin pernah merasakan bahwa membaca buku dari penulis favorit akan lebih cepat selesai dan tuntas begitu saja. Selain karena semangat untuk membacanya, juga penasaran akan kejutan apalagi yang penulis berikan dalam bukunya itu.

  1. Sesuai Kebutuhan

Memilih buku sesuai kebutuhan atau kondisi yang kita alami adalah salah satu trik agar buku yang telah dibeli bisa habis dibaca. Kita pasti tidak mau jika hanya membuang-buang uang untuk sebuah buku yang menganggur dan mengkilap, sebab tak pernah disentuh apalagi dibaca.

Baca Juga :   Cara Ampuh Jaga Kesehatan Tubuh, Pasti Kamu Belum Tahu!

Buku yang sesuai bisa menjadi salah satu kunci ketika kita tidak bisa memecahkan permasalahan yang sedang dialami. Jika kita sedang membutuhkan sebuah motivasi, maka beli lah buku yang mengandung kata-kata motivasi. Jika kita ingin mengembangkan kemampuan diri dan mencoba mengasahnya, maka buku self improvement adalah yang paling cocok. Jika suasana hati sedang sedih atau tidak menentu, maka buku novel, cerpen, atau bahkan komik bisa menjadi alternatif untuk membangkitkan semangat dan memperbaiki mood. Jika kita ingin mengetahui kepribadian diri atau orang lain secara lebih mendalam, maka kita bisa memilih buku psikologi dan kepribadian. Begitu pun seterusnyaa..

Semakin kita tahu dan paham kategori buku mana yang kita butuhkan, maka semakin mudah bagi kita untuk memilih buku yang cocok. Semakin mengerucut kategori yang dipilih atau semakin detail sub kategori yang dimaksud, maka akan jauh lebih mudah lagi bagi kita untuk mendapatkan jawaban atas berbagai masalah.

Saya yakin jikalau buku yang dibaca memiliki jumlah halaman yang tidak sedikit, maka mau tidak mau kita bisa menghabiskan setiap halamannya karena memang dibutuhkan. Tetapi setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dalam sebuah buku, entah dengan membacanya hingga tuntas atau bahkan cukup memahami beberapa bagian saja.

  1. Rekomendasi Teman
Baca Juga :   Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Nyaman di Kaki

Tips ke tiga ini adalah yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja yang sedang bingung memilih buku yang cocok. Kita bisa meminta saran kepada teman, keluarga, atau bahkan orang lain yang senang membaca untuk ikut memilihkan buku yang sesuai dengan kita.

Pertama, kita bisa menceritakan terlebih dahulu kepada teman tentang buku apa yang kita inginkan atau butuhkan. Jika tidak mau bercerita, maka kita cukup menyebutkan kata kuncinya saja. Setelah itu, biarkan teman tersebut memilihkan buku rekomendasinya yang sesuai dengan penjelasan yang kita berikan.

Salah satu alasan paling umum kenapa kita meminta rekomendasi buku yang tepat kepada orang lain adalah untuk mempertimbangkan berbagai pilihan. Kita akan mendapatkan opsi yang cocok jika ternyata orang tersebut pernah membaca buku yang dimaksud, atau jika tidak setidaknya akan dipilihkan buku yang mereka anggap paling sesuai.

  1. Tidak ada buku yang cocok, yang ada hanya sebuah pertanyaan “Apakah kita tertarik membaca buku atau tidak?”

Tips terakhir ini adalah salah satu jawaban dari teman yang saya tanyai tentang bagaimana cara dia memilih buku yang pas. Kata-katanya cocok sekali untuk kembali menyadarkan kita bahwa memang tidak ada buku yang benar-benar sesuai dengan apa yang kita inginkan atau butuhkan.

Baca Juga :   Menulis di HP Android Pakai Aplikasi WhatsApp itu Gampang Lho!

Tidak semua buku yang kita baca bisa memberi jawaban yang pas, atau bahkan tidak bisa menjawab pertanyaan yang ada di benak kita sama sekali. Tetapi sejatinya bukan itu intinya, yang paling penting adalah apakah kita tertarik membaca buku atau tidak. Jika sejak awal kita mulai tertarik, maka kemungkinan besar kita akan berupaya untuk menemukan jawaban-jawaban yang dibutuhkan. Terlepas dari buku tersebut mengandung pertanyaan yang dimaksud atau tidak. Terlepas dari jawabannya sesuai atau tidak. Semua itu akan menjadi sebuah proses pencarian, dan itu lah yang terpenting.

Dibalik ke empat poin yang saya rangkum dari interview teman-teman, semuanya ini adalah sesuai dengan apa yang saya alami. Saya percaya bahwa buku tidak hanya sebagai gudang ilmu dan benda yang menyimpan berbagai jawaban. Buku adalah lebih dari itu, dimana kita bisa belajar mencari jawaban tersebut hingga pertanyaan kita tidak pernah bisa terjawab lagi. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kita untuk memilih buku yang cocok, dan pesan saya jangan pernah lupakan poin ke empat.