7 CARA MUDAH MENAMBAH PENGHASILAN

Rancah.com – Penghasilan dari pekerjaan seseorang terkadang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari orang tersebut. Berbagai alternatif dilakukan berbagai pihak untuk menambah pundi-pundi keuangannya. Sama halnya dengan anak kos yang sedang menempuh pendidikan yang membutuhkan dana tambahan. Biasanya waktu yang dimiliki pun sangat padat dengan kegiatan perkuliahan. Nah, berikut 7 alternatif kerja sampingan yang dapat dilakukan oleh anak kos:

  1. Bisnis Online

Bisnis online adalah usaha yang paling banyak digemari oleh berbagai kalangan, termasuk anak kos. Kamu dapat berjualan barang dengan menggunakan brand pribadi, mengikuti usaha MLM, atau sebagai dropshiper. Penghasilan yang dapat kamu peroleh pun tidak sedikit. Tergantung bagaimana kamu menekuninya dan menawarkannya. Penghasilan yang bisa kamu peroleh mulai dari Rp 100 ribu hingga puluhan juta rupiah dalam sebulan.

  1. Guru Les

Jika kamu menyukai anak kecil hingga remaja muda, mungkin pilihan ini tepat untukmu. Kamu dapat membuka jasa les privat atau secara kelompok kepada pelajar SD hingga SMA. Kamu dapat menggunakan waktu luang untuk menghasilkan uang dengan berbagi ilmu. Apalagi, jika kamu mampu membuat anak didik mu mengerti dan paham dengan apa yang kamu sampaikan. Penghasilannya pun tidak main-main. Kamu bida memperoleh Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta dalam sebulan.

  1. Jasa Pengetikan

Tugas perkuliahan setiap pelajaran dapat dikategorikan cukup banyak. Tugas-tugas ini akan sangat membebani jika datang secara bersamaan. Bagi beberapa orang, menggunakan jasa ketik akan sangat membantu meringankan tugasnya. Nah, kamu dapat menawarkan jasa pengetikan melalui akun sosial mediamu. Penghasilan yang dapat kamu peroleh sekitar Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta dalam sebulan.

  1. Penerjemah

Bagi kamu yang memiliki kemampuan bahasa, ini adalah peluang kamu untuk menambah pundi-pundi keuangan mu. Beberapa tugas kuliah dan pekerjaan akan membutuhkan bantuan untuk mengartikan bahasa asing ke Bahasa Indonesia. Kemampuan mu dalam bahasa akan sangat berguna dan dapat membantu mereka yang kesulitan, serta pastinya akan menambah pemasukan mu. Penghasilan yang dapat kamu peroleh mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 3 juta rupiah. Pastinya pemasukan yang kamu peroleh tergantung tingkat kesulitan dan banyak naskah yang perlu kamu artikan.

  1. Web Design

Bagi kamu yang memiliki kemampuan lebih pada bidang design grafis, pekerjaan sampingan ini dapat kamu manfaatkan untuk membantu pemasukan mu. Saat ini banyak pihak yang membuka usaha dan membuat web tersendiri. Nah, kamu dapat menawarkan jasa untuk membuat web dengan semenarik mungkin. Penghasilan yang akan kamu dapat juga akan sangat besar yaitu hingga jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Tergantung bagaimana kamu men-design web yang diinginkan pelanggan mu.

  1. Youtuber

Mungkin pekerjaan satu ini sudah sangat tidak asing bagi semua kalangan. Menjadi youtuber sudah dilakukan oleh hampir semua jenjang usia. Cara membuat akun Youtube pun tergolong sangat mudah. Kamu dapat memasukkan berbagai video yang menarik didalamnya. Seperti memasak, make up, otomotif, review barang, menyanyi, tutorial game, dan masih banyak lagi. Penghasilan yang kamu dapat pun bukan main-main. Kamu dapat menghasilkan uang jutaan hingga ratusan juta rupiah. Tergantung bagaimana kamu membuat konten dan pastinya membuat semua orang tertarik.

  1. Penulis Lepas

Jika kamu memiliki hobi menulis dan ingin menyampaikan karya mu kepada banyak orang, kamu dapat mencoba menjadi seorang penulis lepas. Pekerjaan ini tergolong mudah dan dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Kamu hanya perlu menulis hal menarik dan berbagi ilmu dengan semua orang melalui tulisan mu. Begitu banyak situs yang dapat kamu kunjungi untuk bergabung menjadi penulis lepas. Semakin banyak dan bagus tulisanmu, maka orang akan semakin tertarik untuk membaca tulisanmu. Pastinya ini juga akan menambah pemasukan mu.

Nah, itu beberapa kerja sampingan yang bisa kamu lakukan dan pastinya memberikan pemasukan bagimu. Kamu bisa memulai dengan hal kecil untuk mencapai tujuan yang besar. Jadi, selamat mencoba!