Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa Freezer Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa Freezer

Rancah.com – Anda mendapat banyak bagian daging kurban? Maka menyimpan daging kurban di kulkas menjadi solusinya. Namun bagaimana jika tidak memiliki kulkas atau kulkas sedang rusak? 

Jika seperti itu, maka anda bisa memasak seluruh daging sekaligus atau tetap menyisakan daging dan menyimpannya dengan cara berikut.

1. Penggaraman

Tips menyimpan daging kurban tanpa freezer yang pertama adalah dengan penggaraman atau curing. Penggaraman dilakukan dengan menambahkan garam NaCl, na-nitrit, dan gula.

Penambahan zat tersebut mampu membuat kerutan daging berkurang saat diolah dan tentunya bisa membuat daging menjadi lebih tahan lama. 

Cara penggaraman daging:

  • Siapkan garam pengawet dan wadah kedap udara
  • Lumuri daging dengan garam pengawet secara merata
  • Masukkan daging ke dalam wadah kedap udara
  • Simpan wadah berisi daging tersebut di tempat dengan suhu yang lumayan dingin
  • Pastikan wadah hanya dibuka saat daging ingin dimasak. Sebelum dimasak, garam pengawet bisa dibilas dengan air.

2. Pengeringan

Pertumbuhan bakteri dalam daging yang basah lebih cepat daripada daging yang kering. Karena itulah daging basah mudah membusuk. Lantas bagaimana cara menyimpan daging kurban dengan pengeringan?

Caranya yaitu:

  • Memotong daging menjadi beberapa bagian
  • Merebus daging untuk membunuh bakterinya. Cukup 3-5 menitan.
  • Meniriskan daging hingga kering
  • Memanggang daging di oven selama kurang lebih 8-12 jam. Jika punya pengering makanan, anda bisa menggunakannya.
  • Pengeringan daging dikatakan baik jika daging terasa keras, kaku, atau lengket. 
  • Setelah dikeringkan, daging bisa dimasukkan dalam wadah tertutup. Cara ini bisa membuat daging bertahan hingga 1 bulanan.

3. Pengasapan

Daging asap bisa bertahan lama, bonusnya adalah bau dan rasa daging menjadi lebih enak. Akan tetapi sebagian orang tidak suka melakukan pengasapan untuk mengawetkan daging. Alasannya karena zat karsinogen hasil pengasapan bisa memicu kanker.

Jika anda setuju dengan alasan tersebut, maka jangan melakukan cara ini. Namun jika anda merasa tidak masalah untuk mengkonsumsinya, anda bisa melakukan pengasapan daging kurban dengan pengasap arang, kayu, gas, ataupun pengasap elektrik.

Agar lebih awet, anda bisa menggarami daging sebelum diasapi. Menyimpan daging kurban dengan pengasapan bisa membuat daging awet hingga 1-2 bulan. 

Jika jumlah daging yang diawetkan tidak terlalu banyak, cara pertama sangat disarankan karena sangat mudah. Namun jika daging yang anda dapatkan sangatlah banyak, sebaiknya menggunakan cara kedua atau ketiga agar daging bisa lebih tahan lama.

Nah itu tadi beberapa cara menyimpan daging kurban tanpa freezer. Bagaimana? Apakah anda berniat untuk menyimpan daging kurban dengan cara di atas?