Ingin Lancar Bicara Bahasa Inggris? Ini Tips dan Triknya

foto: fluentu.com

Rancah.id – Di era modern seperti sekarang ini, bahasa inggris menjadi salah satu bahasa yang penting dalam segala aspek pekerjaan. Ada beberapa perusahaan atau instansi yang menentukan kefasihan berbahasa inggris sebagai syarat melamar pekerjaan. Maka dari itu, kita sekarang dituntut untuk menjadi pribadi yang mau dan mampu untuk mengasah ketrampilan berbahasa inggris.

Dibutuhkan waktu dan upaya yang substansial untuk menguasai bahasa inggris untuk. Tetapi ratusan ribu orang mampu berbicara lancar bahasa inggris setiap tahunnya. Dengan tekad yang cukup, Anda juga bisa! Berikut ini beberapa tips dan triknya.

  1. Mulai berbicara bahasa Inggris sebanyak mungkin

Satu hal yang benar-benar harus Anda lakukan untuk berbicara bahasa Inggris dengan lancar adalah dapatkan lebih banyak latihan bicara. Hampir semua saran untuk mencapai tujuan kelancaran berbahasa  Anda pada akhirnya akan sampai pada ini. Tidak ada lagi yang dapat Anda lakukan dengan efektif, atau sama pentingnya.

Coba beberapa tips ini:

  • Gunakan aplikasi pembelajaran bahasa dengan perangkat lunak pengenal ucapan. Mondly memiliki fitur hebat di mana Anda dapat mengajukan pertanyaan ke robot berbahasa Inggris, dan mendapatkan respons.
  • Ketika Anda telah mencapai tingkat menengah, hadiri webinar atau kelas online yang dilakukan dalam bahasa Inggris.
  • Temukan pelajar bahasa Inggris lain untuk berlatih.
  • Ceritakan kehidupanmu sendiri. Berbicaralah dengan keras kepada diri Anda sendiri dalam bahasa Inggris yang menggambarkan apa yang Anda lakukan.
  1. Berinteraksi dengan Bahasa Inggris setiap hari

Sangat penting untuk mendapatkan sebanyak mungkin paparan bahasa Inggris. Anda harus melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris setiap hari, bahkan jika Anda tidak aktif belajar. Ada beberapa perubahan sederhana yang dapat Anda lakukan pada lingkungan Anda untuk membantu kefasihan Anda:

  • Ubah pengaturan ponsel / media sosial / tablet Anda ke Bahasa Inggris.
  • Dengarkan musik berbahasa Inggris.
  • Mulailah rajin membaca berita dalam bahasa Inggris.
  • Berkomitmen untuk menonton acara TV atau film Bahasa Inggris yang Anda sukai.

Teknik ini disebut “perendaman bahasa.” Ini adalah cara yang bagus untuk membiasakan diri mengenal lebih dekat Bahasa Inggris, dan untuk memperkuat apa yang telah Anda pelajari.

  1. Dapatkan tutor pribadi

Jika Anda serius ingin lancar berbahasa Inggris, carilah tutor bahasa pribadi Anda. Berbicara dengan seorang tutor bahasa Inggris yang ahli bahkan hanya sekali seminggu dapat secara dramatis meningkatkan kemajuan berbahasa Anda.

Anda akan dapat mengajukan pertanyaan apa pun yang muncul pada minggu itu, membahas kosa kata yang relevan dengan kehidupan Anda sendiri, dan akan menerima umpan balik yang membangun tentang keterampilan percakapan bahasa Inggris Anda secara tepat. Ini adalah cara efisien supaya bisa lancar berbahasa.

Akhirnya, jauh lebih mudah untuk tetap pada rutinitas belajar reguler ketika Anda merasa bertanggung jawab kepada diri sendiri. Belajar dengan tutor dan Anda tidak hanya mendapatkan pengajaran saja, tapi Anda juga akan memiliki pemandu sorak untuk memotivasi Anda dalam belajar.

  1. Latih pelafalan secara rutin

Beberapa trik untuk menjadi fasih melibatkan pekerjaan fisik. Jika bahasa sehari-hari Anda terdengar sangat berbeda dengan bahasa Inggris, maka Anda perlu berlatih menggerakkan mulut dan lidah dengan cara yang baru.

Ini adalah masalah melatih otot-otot kecil tersebut. Penutur asli bahasa Spanyol, misalnya, kadang-kadang mengatakan bahwa berbicara bahasa Inggris untuk waktu yang lama membuat rahang mereka terasa sakit pada awalnya.

  1. Pelajari frasa, bukan kata-kata

Kelancaran atau fasih dalam berbicara harus dilakukan tanpa keraguan. Jika Anda belajar bahasa Inggris satu kata pada satu waktu, akan sangat sulit untuk tidak ragu sebelum berbicara. Itu karena Anda harus menerjemahkan setiap kalimat di kepala Anda dari bahasa sehari-hari ke bahasa Inggris, kata demi kata.

Ada cara lain: mempelajari kata-kata baru sebagai bagian dari frasa umum, dapat meredakan ketegangan mental saat berbicara. Mempelajari daftar frasa dalam bahasa baru juga dikenal sebagai “penambangan kalimat”. Beberapa orang mengklaim bahwa itu membuat mereka dapat menggunakan kosakata baru lebih cepat, dan menghafal tata bahasanya secara alami.

  1. Berkaraoke

Tidak ada cara pintas untuk lancar berbahasa Inggris dengan cepat, tetapi Anda bisa mencoba berkaraoke. Musik sangat bagus untuk belajar bahasa, terutama sekarang karena begitu banyak lagu dapat ditemukan di YouTube dengan lirik video lagu yang gratis.

Pelajari cara menyanyikan satu atau dua lagu pop, kemudian Anda akan dengan mudah mendapatkan banyak kosa kata bahasa Inggris bar. Mempelajari kata dalam lagu juga bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda, dan menyerap aturan tata bahasa dengan cara yang lebih alami.

  1. Jangan terlalu fokus pada tata bahasa

Orang yang sudah fasih berbahasa Inggris tidak mematuhi aturan tata bahasa sepanjang waktu. Ini adalah sesuatu yang Anda akan tahu jika Anda harus mengetik rekaman percakapan yang diucapkan.

Bahkan, tata bahasa Inggris tidak diajarkan di sekolah-sekolah di Inggris. Banyak siswa sekolah menengah Inggris yang tidak tahu apa itu kata kerja phrasal, meskipun mereka menggunakannya sepanjang waktu.

Aturan tata bahasa penting juga untuk dipelajari, tetapi prioritas Anda tetaplah harus lancar dalam berbahasa. Pada suatu waktu, Anda akan paham jika tata bahasa tidak terlalu dipakai saat berkomunikasi bahasa Inggris.

  1. Manfaatkan teknologi secara maksimal

Ada sangat banyak aplikasi untuk belajar bahasa Inggris yang dapat Anda dapatkan secara mudah. Era digital telah merevolusi pembelajaran bahasa, dan mudah untuk melupakan betapa beruntungnya bagi kita.

Ada banyak teknologi studi yang tersedia, jadi pilihlah dengan cermat. Pastikan bahwa Anda menggunakan sumber yang paling efektif untuk kebiasaan belajar Anda sendiri, dan bahwa Anda tidak terlalu mengandalkan aplikasi permainan.

Di youtube, sekarang sudah banyak sekali cara belajar fasih berbahasa Inggris. Ada lebih banyak jam saran ahli di YouTube daripada yang dapat ditonton oleh siswa mana pun dalam satu masa kehidupan.

Bahkan lebih baik lagi, hampir setiap video dapat ditonton dengan subtitle, diputar dengan kecepatan lebih lambat, dijeda dan diputar ulang sehingga memudahkan Anda yang ingin belajar berbahasa Inggris.