Tips Mengelola Keuangan Untuk Anak Kost

Cara-Cara Mengatur Keuangan Usaha yang Efektif - Sahabat Pegadaian ...

Hai anak kos yang segalanya serba sendiri. Makan sendiri, mandi sendiri, tidur sendiri, nyuci sendiri hehehe. Artinya kita harus mandiri dan mengurus segalanya sendiri. Meskipun kita tinggal bersama orangtua bukan berarti kita jadi tidak mandiri ya. Mau dengan orangtua atau kos sendiri harus tetap mandiri. Biasanya anak kos akan diberikan uang jajan tiap bulannya. Tergantung sih ya, ada yang perminggu, perbulan atau bahkan tidak menentu, ada yang sudah habis ya tinggal minta lagi. Bersyukurlah bagi kalian yang tidak ditentukan tanggalnya. Bagi yang ditentukan tiap tanggalnya, ya cukup gak cukup harus cukup.

Bagi yang masih kebingungan bagaimana cara untuk mengatur uang jajan agar cukup tiap bulannya, yuk kita atur:

  1. Tentukan uang jajan kalian. Total uang jajan dibagi perharinya. Contoh ya, perbulan dapet uang jajan 2jt, 2jt dibagi 30 maka hasilnya perhari bisa sekitar 60rb. Itupun masih ada sisa 200rb lagi. 200rbnya bisa kalian tabung deh. Perhitungan ini bisa digunakan juga tiap minggunya. Bagi yang dapat tiap minggu sama saja perhitungannya, tinggal dibagi perharinya.
  2. Menentukan total uang jajan tiap harinya. Contoh ya perhari ditargetkan untuk habis 30rb. 30rb bisa untuk makan dua kali. Biasanya anak kos gitu ya sehari dua kali, tidak ada namanya sarapan wkwk. Nah kalau sudah ditentukan perharinya, lebih enak tuh biasnya masih sisa banyak. Kita hitung ya kalau perhari 30rb. 30rb dikali 30 hari, jadi cuma 900rb habis untuk jajan masih banyak sisanya kan. Sisanya bisa digunakan untuk keperluan lainnya atau untuk nabung.
  3. Nahh jika ingin lebih irit lagi dan 30rb rasanya tidak cukup untuk makan, bisa masak setiap hari. Masak lebih murah meriah. Beli tahu 10rb bisa dapet banyak, bisa untuk stok makan dua kali atau bisa untuk dua hari. Dengan kita masak akan jauh lebih irit dibandingkan dengan beli makan yang sudah jadi.

Satu lagi, temen-temen bisa puasa tiap hari senin dan kamis hehe. Kurang-kurangin main, hangout gitu ceritanya, atau belanja-belanja bukan untuk kebutuhan. Jika ingin main lihat pengeluaran sudah berapa banyak yang dipakai dan boleh belanja asalkan sesuai dengan kebutuhan. Sekian, semoga bermanfaat.