Destinasi Wisata Raja Ampat Sudah Dibuka, Berikut Aturannya

informasi wisata Raja Ampat

Rancah.com – Siapa yang belum mengenal Raja Ampat salah satu Kabupaten di ujung Papua Barat. Memiliki keindahan bawah lautnya dan terkenal hingga manca negara mampu menghipnotis setiap mata para pengunjung.

Tak hanya bawa lautnya, Raja Ampat juga memiliki banyak pantai dengan pasir putih yang halus, dan masih banyak potensi wisatanya yang wajib di kunjungi.

salah satu pnatai di Raja Ampat

Selama masa pandemi COVID-19, Raja Ampat masuk dalam kategori zona merah setelah 19 orang terkonfirmasi postif. Hal tersebut membuat Pemerintah daerah menutup sementara semua destinasi wisata. Kini sudah di buka kembali setelah Raja Ampat kembali dinyatakan bebas dari COVID-19.

Tepatnya 22 Agustus 2020 Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat resmi membuka kembali destinasi pariwisata. Ditandai dengan launchingnya pusat informasi wisata. Meski sudah dibuka, para wisatawan tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan.

geopark raja ampat

Destinasi pariwisata yang dibuka juga bertahap dan masih di fokuskan pada wisatawan domestik. Berbagai aturan saat berwisata juga di berlakukan sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru. Setiap pengunjung di spot-spot wisata juga dibatasi untuk menghindari penumpukan wisatawan. Sesuai dengan Code of Conduct (CoC) yang berlaku.

Berikut beberapa aturan yang wajib di ikuti sebelum berwisata ke Raja Ampat. Dilansir dari situs resmi informasi pariwisata Raja Ampat www.newnormal-rajaampat.com

– Melakukan registrasi online pada: www.newnormal-rajaampat.com

– Menyiapkan aplikasi Health Assesment Card (HAC) pada www.inahac.kemkes.go.id

– Memiliki surat keterangan bebas covid-19, berupa hasil RT-PCR negative atau hasil rapid test non-reaktif, yang berlaku 14 hari, yang diperoleh dari RS/puskesmas/klinik resmi.

– Menyiapkan personal health.

– Memiliki asuransi kecelakaan dan atau asuransi jiwa, terutama yang akan melakukan kegiatan bersifat risiko tinggi dan memerlukan fisik prima, seperti diving, trekking, telusur goa dan lain-lain.

– Memiliki pemandu/pramuwisata. Lakukan booking online untuk lokasi yang akan anda kunjungi pada situs yang sama.

– Ketika seluruh kelengkapan anda sudah terpenuhi, silahkan lakukan perjalanan, dengan protkol Kesehatan.

– Untuk perjalanan udara, anda akan tiba di Bandara Dominique Eduard Osok-Sorong dan melanjutkan perjalanan laut/udara menuju Raja Ampat.

– Lakukan document clearence sebelum memasuki kawasan Raja Ampat pada:

• Check point I: Pelabuhan Falaya, Waisai Pulau Waigeo,

• Check Point II: Pelabuhan Yelu-Misool, dan,

• Check Point III: Bandara Marinda,Waigeo

10. Tetap mengikuti prosedur protocol ketertiban tatanan baru di ruang umum. Jika terjadi reaktif, maka siap untuk dikarantina dan diproses sesuai protocol (karena sudah menandatangani surat pernyataan bersedia.

Itulah beberapa aturan wajib jika berwisata ke Raja Ampat. Sulit, gak juga. Semua dilakukan demi kebaikan bersama. Mari berwisata dengan tetap mengikuti protokol Kesehatan.