Tugu Pahlawan: Simbol Heroisme dan Ikon Kota Surabaya

Foto: indonesiakaya.com

Monumen Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon kota Surabaya yang cukup terkenal di masyarakat umum.  Monumen ini sendiri dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran yang terjadi pada tanggal 10 November  1945 di kota Surabaya. Monumen tugu pahlawan ini sendiri mulai didirikan pada 10 November 1951 dan diresmikan oleh presiden Soekarno pada tanggal 10 November 1952.

Tugu ini sendiri memiliki tinggi sekitar 41,51 meter dan berdiri di sebuah lahan seluas 1,3 hektar. Di dalam area komplek tugu pahlawan ini juga terdapat sebuah museum yang diberi nama “Museum 10 November”.

Di dalam area tugu pahlawan selain terdapat berbagai macam benda-benda peninggalan pertempuran 10 November seperti kendaraan perang, senjata artileri juga terdapat berbagai macam patung-patung pahlawan nasional dan beberapa tanaman yang sengaja ditanam untuk tujuan ilmu pengetahuan. Selain itu terdapat pula peninggalam mobil milik dari Bung Tomo.

Memasuki area museum pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai pameran barang-barang peningggalan kuno seperti senjata, perlengkapan prajurit, berbagai lukisan dan ornament yang menceritakan segala macam proses pertempuran di kota Surabaya dan juga beberapa ruangan yang berisikan diorama statis yang menggambarkan pertempuran 10 November. oto berbagai macam senjata yang dipamerkan di Museum 10 November

Di dalam ruangan diorama statis pengunjung dapat menerangkan berbagai macam penjelasan yang disediakan oleh pengelola dan tersedia dalam beberapa Bahasa seperti Bahasa Indonesia, Jepang, Inggris, Cina dan sebagainya. Selain diorama statis yang terdapat di lantai dua museum, pengunjung dapat juga melihat cuplikan film yang berdurasi beberapa menit yang terdapat di lantai satu tepatnya di ruangan diorama elektronik.

Komplek tugu pahlawan sendiri buka setiap hari dari senin hingga minggu dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Untuk biaya masuk komplek tugu pahlawan tidak dipungut biaya, sedangkan untuk memasuki gedung museum 10 November pihak pengelola menarik harga tiket sebesar Rp. 5.000.- per orang. Monumen tugu pahlawan dan Museum 10 November sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata keluarga dan juga sekolah terutama untuk pembelajaran sejarah di kota Surabaya.