7 Destinasi Unik dan Murah di Asia

Rancah.com – Asia terdiri dari 48 negara dan merupakan benua terbesar dan terpadat di dunia. Terdapat banyak destinasi ideal untuk pelancong yang memiliki budget terbatas.

Menjelajahi Asia sangat mengasyikan karena beberapa hal, diantaranya  terdapat  makanan lezat dan nikmat, orang-orang luar biasa dengan keramahannya, pemandangan indah serta memori yang tak terlupakan. Berikut adalah tujuh destinasi terbaik  yang dapat menjadi pilihan.

  1. HALONG BAY, VIETNAM
Photo by Oli Langevin, Photographer

Halong Bay menjadi pilihan yang wajib kamu datangi. Tempat ini merupakan warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Halong Bay menyajikan hamparan laut yang indah dan luas dengan ribuan bebatuan besar seperti pulau-pulau kecil. Jarang menemukan tempat yang sangat sempurna seperti ini.Biaya yang dikenakan sekitar Rp 100 ribuan per orang. Jika ingin masuk ke beberapa spot wisata dikenakan biaya sekitar Rp 30 ribuan.

  1. LUANG PRABANG, LAOS
Photo by Polintheskywithdiamonds, Photographer

Salah satu pilihan terbaik untuk destinasi di Laos adalah kota Luang Prabang. Di kota ini terdapat Kuang  Si Falls yang merupakan air terjun yang indah dengan  air jernih berwarna hijau turquoise. Disekitar terdapat hutan yang lebat, Kuang Si Falls sangat mengagumkan dan sangat cocok menjadi pilihan untuk post foto di instagram. Banyak hal yang dapat kamu lakukan di tempat ini salah satunya yaitu berenang. Untuk menuju tempat wisata ini, kamu harus mendaki selama 15-20 menit. Dengan biaya masuk 20.000 kip (Rp32.500), air terjun di Luang Prabang  ini buka pukul 8 pagi hingga 6 sore.

  1. CHIANG MAI, THAILAND
Photo by The_bliss_life_, Photographer

Pilihan destinasi terbaik di Chiang Mai adalah Danau Huay Tung Tao. Tempat ini sangat indah untuk menghabiskan sore bersantai ria bersama keluarga ataupun kawan dengan budget yang terjangkau. Terdapat  pondok kecil yang bisa kamu nikmati dengan tawaran pemandangan indah yang spektakuler. Kamu juga bisa bersepeda, bersepatu roda serta berenang ditempat tersebut. Kamu juga dapat menyewa perahu dayung dan melakukan tur ke danau. Biaya masuknya sebesar Rp 20.900 (TBH50) untuk orang asing.

  1. PENANG, MALAYSIA
Photo by Shxjxr_, Photographer

Banyak destinasi wisata yang ditawarkan di Penang seperti Penang Hill, Penang Esplanade, Kek lo si temple, dan Gurney Drive Hawker Center. Selain itu, kota ini menawarkan wisata kuliner yang tidak ada duanya. Untuk suasana, Penang menyediakan perpaduan antara modernitas dengan sentuhan bangunan kolonial. Salah satu tips ketika memilih Penang sebagai destinasi wisata budget terbatas adalah pilihan  hotel. Kota ini memiliki beberapa pilihan penginapan murah yang menawarkan harga mulai dari Rp.110.000 an.

  1. PULAU PALAWAN, FILIPINA
Photo by Fineartphotography_

Filipina menawarkan daya tarik wisata alam yang menggiurkan terutama pantai yang sangat indah dan memberikan memori yang tak terlupakan salah satunya adalah pulau Palawan.

Hotel di Palawan pun cukup terjangkau harganya mulai dari Rp. 200.000an, akan tetapi jika kamu ingin hotel dengan  pemandangan yang mengarah ke laut kamu bisa memilih Microtel by Wyndham Puerto Princesa dengan Tarif 600 Ribu Rupiah saja per malam.

6. YOGYAKARTA, INDONESIA

Photo by Jogjascenery

Tempat pertama yang menjadi pilihan wajib ketika ke Yogyakarta adalah keraton yang merupakan sejarah kebudayaan Jawa dan menjadi timpat tinggal raja hingga saat ini.  Buka pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, kamu bisa menyaksikan berbagai pagelaran seni dengan tiket masuk 7 ribu. Setelah dari keraton, kamu bisa meneruskan destinasi ke  Taman Sari dengan tiket masuk 5 ribu. Kamu akan melihan arsitektur yang kuno dan  pemandangan indah. Destinasi lainnya yaitu Candi Ratu Boko dengan biaya masuk 25 ribu.

  1. SIEM REAP, CAMBODIA
Photo by _kikiyang_

Salah satu destinasi terbaik di Kamboja adalah Galle. Dikota ini kamu akan melihat banyak sekali bangunan jaman kolonial perpaduan budaya Belanda dan Portugis. Yang menarik dari Sri Lanka yaitu biaya transportasi publiknya yang sangat terjangkau. Jika kamu ingin naik bus bandara ke kota biayanya sekitar 120 Srilankan Rupes (LKR) = sekitar Rp. 12.000.