Tak Banyak Yang Tahu, Inilah 6 Nama Negara Kita Sebelum Resmi Disebut Indonesia

Indonesia

Negara kita ternyata sempat gonta-ganti nama sebanyak 6 kali sebelum resmi dinamakan Indonesia. Nama-nama ini mungkin tidak banyak yang mengetahuinya. Namun pada masanya, nama-nama ini sangat populer di mata dunia.

Seperti yang dilansir di travelingyuk.com, berikut enam nama negara kita sebelum resmi dinamakan Indonesia:

1. Hindia

Hindia merupakan nama pertama Indonesia. Nama ini disematkan oleh tokoh Yunani bernama Herodotus pada tahun 1498. Nama Hindia semakin terkenal setelah Vasco da Gama, sang penjelajah asal Portugis menyusuri sungai Indus (nama lain Hindia), pada waktu itu.

Negara yang terdiri atas pulau-pulau ini dinamai Hindia, kala itu, karena letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

2. Nederlandsch Oost-Indie

Kalau nama Hindia disematkan oleh tokoh Yunani, nama Nederlandsch Oost-Indie disematkan oleh orang Belanda pada 1596 yang kemudian menjajah negara ini selama 3,5 abad. Nama ini berarti ‘wilayah jajahan Belanda’.

Pada akhir abad ke-18, sebutan Nederlandsh Oost-Indie populer di mata orang Eropa. Di kemudian hari, nama ini lebih dikenal sebagai Hindia Belanda atau Hindia Timur Belanda.

3. Insulinde

Nama Insulinde diberikan oleh tokoh Belanda bernama Eduard Douwes Dekker pada awal abad ke-13. Alasannya, ia merasa jijik dan gerah dengan penamaan Nederlandsch Oost-Indie oleh orang-orang Belanda.

Insulinde berasal dari kata Insula yang bermakna ‘pulau’ dan Indus yang berarti ‘Hindia’. Nama ini kemudian dipopulerkan oleh Prof. PJ Veth Multatuli.

4. The Malay Archipelago

Nama The Malay Archipelago disematkan oleh penjelajah asal Britania Raya bernama Alfred Russel Wallace. Nama ini berasal dari kata Malay yang berarti ‘melayu’ dan Archipel atau Archipelagus yang bermakna ‘laut’.

Sejatinya, The Malay Archipelago merupakan nama untuk Indonesia, Malaysia dan Singapura. Makna lengkapnya ialah ‘pulau-pulau Melayu yang menguasai lautan’.

5. Zamrud Khatulistiwa

Zamrud Khatulistiwa menjadi salah satu nama jadul negara kita yang berdasarkan letak geografis. Ya, letak Indonesia memang bersentuhan dengan garis khatulistiwa. Pulau-pulau yang membentang di wilayah Indonesia tampak sangat indah dan menyejukkan mata layaknya ‘Zamrud’.

6. Nusantara

Jauh sebelum munculnya kelima nama di atas, nama Nusantara sudah ada sejak abad ke-12 era Kerajaan Majapahit. Ya, nama ini digagas oleh Majapahit untuk sebutan wilayah kekuasaannya di luar pula Jawa, yang membentang dari ujung Sumatera hingga ujung Papua.

Pada abad ke-20, nama Nusantara kembali dipopulerkan oleh Ki Hajar Dewantara. Bahkan, nama ini masih familiar di telinga kita sebagai sebutan lain negara Indonesia.