GREEN CANYON PANGANDARAN Tawarkan Sensasi Ekstrem di Sungai Cijulang

Tumpuan lompatan dari tebing

Rancah.com – Setelah sekian bulan seluruh destinasi wisata ditutup karena covid-19,  dan sekarang akan segera dibuka lagi, kendati berakhirnya pandemi virus Corona belum dapat dipastikan, yang jelas New Normal Pariwisata mulai diterapkan yang otomatis dibuka kembali aktivitas di tempat tempat wisata dengan tetap menerapkan protok kesehatan.

Jika selama ini detak jantung kalian melemah karena terlalu lamanya berdiam diri. Sekaranglah waktunya menyusuri destinasi yang agak menantang boleh dong. Sekedar merasakan gemetarnya jantung, kalian bisa berwisata di destinasi yang menawarkan sensasi ekstrem di seputaran Pangandaran. Di salah satu destinasi wisata alam Green Canyon atau Cukang Taneuh yang berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, sekitar 31 Km dari Pangandaran.

Star Body RaftingBagi kalian yang suka tantangan, bagi anda yang berjiwa petualang, yuk kita sambangi tempat wisata yang dapat memacu andrelin. Bagi kalian penggemar rafting, Tak ada salahnya kita coba Body Rafting Green Canyon Pangandaran. Panorama desa yang berpadu perbukitan dan sungai Cijulang sangat pas untuk mengukur seberapa keberanian nyali kalian. Sebab  di sini kalian akan diajak menyusur tebing dan mengarungi arus air sungai sepanjang 3-5 Km.

Keunggulan Green Canyon Pangandaran dari obyek rafting lainnya terletak pada keindahan jalur sungai yang diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rerimbunan pohon yang menyerupai bentuk lukisan penyambutan yang unik dan begitu menantang untuk dijelajahi.

Anda akan dibawa ke dalam arena penyusuran bermacam ragam jenis jeram yang variatif, selain itu anda juga bisa memanjat tebing dan merasakan sensasi cliff jumping yang akan memacu andrelin  dan sangat mendebarkan jantung anda.

Jangan khawatir. tentunya, akan ada Team Instruktur  yang akan mendampigi kalian dalam explorer menjelajah alam Green Canyon ini. Saat kami melakukan explore dipandu oleh jasa pemandu “Baraja” dengan team yang kocak.

Body rafting di Green Canyon Pangandaran akan lebih menyenangkan dimulai dari bagian hulu sungai, sehingga tidak melawan arus.

Dari tempat parkir ke lokasi start body rafting, jarak tempuh  waktu 20-30 menit dengan mobil ”Pajero” ( pick up) milik penyedia jasa body rafting.  Dari sini petualangan kita akan dimulai.

Diawali dengan penyampaian beberapa mekanisme dan tata cara serta aturan main di dalam petualangan ini oleh seorang pemandu yang sangat kocak yang sesekali menggunakan ungkapan bahasa asli daerah (sunda).

Ia memastikan kalian tidak memiliki sakit jantung atau epilepsi, karena disamping akan memacu andrelin, air juga cukup dingin selama berenang. Ia pun mengajak kita untuk melakukan pemanasan agar tidak terjadi keram.

Pemandu juga menunjuukkan bagaimana kita harus menghindari atau menghadapi batu-batuan yang berada di tengah sungai saat berenang.

Setelah turun dari “Pajero” kita memilih ukuran baju baju pelampung dan sepatu serta perlengkapan rafting lainnya,  menikmati makanan yang disediakan oleh penyedia jasa Body rafting yang disajikan dalam mobil Pic up khusus berupa nasi liwet lengkap dengan ikan asinnya, untuk bekal energi selama mengikuti kegiatan petualangan.

Barulah kemudian dilanjutkan dengan menyusuri bukit terjal dan curam yang rimbun oleh pepohonan atau semak belukar menuju hulu sungai Cijulang.

Anda tidak bisa renang?, tidak masalah. Dalam petualangan ini tidak mutlak harus bisa berenang untuk Body Rafting, meskipun sebenarnya kemampuan berenang akan sangat bagus untuk keseimbangan saat memasuki jeram, itulah sebabnya kita wajib menggunakan pengaman diri meskipun mahir berenang untuk mengurangi resiko terbentur dan demi kenyamanan.

Selain Body Rafting, aktivitas yang tak kalah menantangnya dan digemari hampir semua peserta adalah loncat dari batu dan tebing. Ketinggian sangat bervariasi dari 5 meter hingga 10 meter untuk sampai ke air yang mempunyai kedalaman lebih dari 10 meter.

Pada  arus jeram dengan alur yang sempit yang sulit untuk dilewati ini tandanya kita sudah sampai di mulut Green Canyon Pangandaran. Di sini akan kita rasakan  kejernihan airnya serta warnanya yang kebiru-biruan. Dari tempat inilah penjelajahan menikmati keindahan surganya Green Canyon dilakukan.

Ketika perjalanan melewati Green Canyon Pangandaran anda akan diperlihatkan dengan berbagai keajaiban alam yang tersembunyi dibalik semak-semak tebal hutan pangandaran.

Green Canyon Pangandaran ialah sebuah rahasia indah dan spektakuler yang tersembunyi.  Agar liburan anda di tempat ini benar-benar mengesankan, kunjungilah pada musim kemarau. Ketika musim hujan dikhawatirkan aliran sungai akan berubah deras dan menjadi coklat sehingga keindahannya tak lagi muncul.

Dengan dipandu oleh river guide kita akan menyusuri sungai hingga titik peristirahatan untuk menikmati minuman hangat dan makanan ringan. Cukup beristirahat, perjalanan menyusuri sungai dilanjutkan hingga memasuki kemegahan alam Green Canyon yang juga merupakan titik finish aktivitas body rafting di Green Canyon.

Selanjutnya kita akan dijemput dengan perahu dan diantarkan kembali ke dermaga Ciseureuh Green Canyon sekaligus menjadi titik akhir aktivitas body rafting seru di Green Canyon.

Itulah gambaran perjalanan yang benar benar memacu andrelin dan akan terasa menggigil setelah keluar dari arena rafting karena “sekian jam” kita berada di air.

* * *

Jazir Hamid : Pelaku Wisata