Unik, Pasar Penyihir di Bolivia Ini Menjual Berbagai Benda Unik Untuk Ritual

Sumber : Tempo.co

Pernahkah kalian mendengar tentang pasar sihir?

Ini merupakan sebuah tempat di dunia nyata yang bukan terletak di negeri dongeng atau di film-film.

Tempat yang berjuluk pasar sihir ini terletak di salah satu negara Amerika Selatany yang berbatasan dengan Brazil di Utara dan Timur, Paraguay dan Argentina di Selatan, Serta Negara Chile dan Peru di Barat. Namanya adalah Bolivia.

Jika sedang berkunjung ke Negara Bolivia, tidak ada salahnya kalian coba untuk mengunjungi pasar sihir yang akan dibahas disini. Yaitu di sepanjang jalanan kota tua, La Paz.

Lokasi ini biasa dikenal dengan sebutan Mercado de las Brujas. Di tempat ini, sepanjang jalan kita akan sering melihat pemandangan wanita tua paruh baya yang menggunakan pakaian tradisional ala Andes.

Sumber : Vivanews.co.id

Bukan hanya para penduduk sekitar saja yang mengenakan pakaian unik, namun para penjualnya juga memiliki penampilan yang sangat identik.

Dalam urusan mengenakan pakaian, mereka mengenakan gaun panjang penuh warna dan topi sambil duduk di depan tokonya.

Bila biasanya dipasar kita sering menemukan bahan atau kebutuhan pokok seperti buah, sayur, bumbu dapur, hingga bahan makanan lainnya. Namun, hal ini tidak akan kita temukan di pasar yang satu ini.

Di pasar penyihir ini, segala sesuatu yang dijual berhubungan dengan ritual magis, sihir atau yang biasa kita sebut sebagai “Klenik” di Indonesia.

Pasar peyihir di Bolivia ini sering disebut-sebut sebagai surganya para “penyihir”. Hal ini dikarenakan segala bahan maupun alat dan benda yang dibutuhkan untuk kepentingan ritual diperjualbelikan secara bebas di tempat ini.

Mulai dari benda seperti jimat, rempah-rempah yang berkhasiat, jimat untuk menambah pesona dan keberuntungan. Bahkan hingga bahan unik lainnya seperti tubuh armadillo, katak kering, patung asangan telanjang, kumis binatang malam, dan hingga formula afrodisiak dapat ditemukan dengan sangat mudah di pasar yang satu ini.

Sumber : Indozone

Selain itu, ada juga bahan-bahan yang cukup ekstrim seperti bulu burung hantu, tempurung kura-kura kering, tubuh dan racun ular, hingga janin kering yang bisa dibeli di pasar penyihir ini.

Akan tetapi, meskipun disebut sebagai pasar penyihir, para pengunjung yang datang kebanyakan bukanlah benar-benar penyihir.

Kebanyakan penguunjung yang mendatangi pasar ini biasanya datang untuk sekedar berwisata, atau sekedar membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang kembali ke tempat asal mereka.

Akan tetapi stigma klenik tempat ini tetap ada. Lantaran barang-barang yang dijual cukup unik.