4 Destinasi Wisata Makassar Ini Wajib Anda Kunjungi!

Kota MakassarKota Makassar atau dikenal juga sebagai “Kota daeng”

rancah.com – Berencana menikmati liburan bersama keluarga atau pun sendirian? Destinasi wisata Makassar bisa menjadi pilihan Anda. Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini menyimpan pelbagai tempat nan elok untuk dikunjungi⸺bagi turis lokal maupun mancanegara. Selain Pantai Losari yang menjadi ikon khas Kota Makassar, terdapat tempat wisata lain yang sayang untuk Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur ini.

Inilah 4 Destinansi Wisata Makassar yang Wajib Anda Kunjungi

1.      Pantai Akkarena

Pantai Akkarena Makassar, tempat nongkrong paling asyik sambil menikmati sunset

Pantai ini terletak di Jl. Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar⸺sangat cocok dijadikan sebagai tempat pengambilan foto⸺dengan latar belakang matahari terbenam yang sangat memukau. Selain sebagai salah satu spot terbaik untuk melihat sunset, Pantai Akkarena juga memiliki berbagai fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh wisatawan, seperti: Restoran & kafe, panggung musik, gazebo, wahana bermain anak, banana boat, speed boat, tempat pemancingan ikan, dll.⸺suasana di Pantai Akkarena dijamin akan membuat liburan Anda bersama keluarga menjadi tak terlupakan.

2.      Pulau Lae-lae

Salah satu spot favorit di Pulau Lae-lae Makassar

Destinasi wisata yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang berdomisili di Makassar. Anda bisa berkunjung ke pulau ini dengan menyewa speedboat di Dermaga Kayu Bangkoa⸺yang memakan waktu kurang lebih 15 menit, dengan jarak 1-2 kilometer.

Apa saja yang dapat dilakukan di pulau ini? Selain menikmati pasir putih, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti (1) berenang, scuba diving, snorkeling, (2) menikmati kuliner khas Pulau Lae-lae, (3) berswafoto dengan latar belakang pasir putih dan ombak yang memanjakan mata (4) dll.

3.      Benteng Fort Rotterdam

Benteng Fort Rotterdam, objek wisata sejarah yang tak pernah sepi dari kunjungan turis lokal maupun mancanegara

Ingin menikmati akhir pekan sekaligus time traveling⸺merasakan bagaimana suasana di zaman penjajahan kompeni Belanda? Benteng Fort Rotterdam adalah jawabannya. Berlokasi di Jl. Ujung Pandang, dekat dengan Pelabuhan Makassar dan Pantai Losari⸺membuat Benteng Rotterdam mudah ditemukan, pun bagi turis mancanegara. Destinasi wisata Makassar yang juga dikenal dengan sebutan Benteng Ujung Pandang ini memiliki corak arsitektur Belanda.

Ketika masuk ke dalam benteng, Anda akan langsung merasakan suasana pemukiman klasik Belanda. Beberapa bangunan sudah ada yang direnovasi, namun tembok/dinding benteng tetap menggunakan batuan tufa⸺sehingga tidak menghilangkan struktur asli bangunan bersejarah ini.

4.      Jalan Somba Opu

Jalan Somba Opu, tempat berburu oleh-oleh khas Makassar

Sedang mencari oleh-oleh khas Makassar? Jalan Somba Opu adalah pusatnya. Jika Anda adalah seorang wisatawan dari luar daerah, berkunjung ke Kota Daeng tentu tidak afdhal tanpa membeli buah tangan untuk dibawa pulang ke rumah.  Pelbagai oleh-oleh bisa Anda temukan di tempat ini⸺mulai dari kain tenun dan sarung khas Bugis, sirup markisa, baruasa’, otak-otak ikan tenggiri, bannang-bannang, dsb.⸺sebagaimana Benteng Rotterdam, Jalan Somba Opu juga cukup mudah ditemukan sebab lokasinya yang tidak jauh dari Pantai Losari.

Itulah tadi beberapa destinasi wisata Makassar yang bisa Anda kunjungi kapan pun⸺rame-rame bersama teman atau keluarga; pun Anda bisa menikmati sendirian pesona wisata Ujung Pandang.