Peringatan HUT RI ke-75, Ternyata Baju Adat Yang Digunakan Presiden Jokowi Adalah Dari Daerah Ini ….

Rancah.com – Pelaksanaan Upara Peringatan Detik-Detk Proklamasi HUT RI yang ke-75 dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Menjadi Sorotan publik, saat menjadi inspektur upacara, Presiden Joko Widodo tampak menggunakan Pakaian adat daerah yakni Pakaian adat Timor Tengah Selatan dari NTT beserta lengkap dengan maskernya.

Sesuatu yang sangat berbeda sekali, jika biasanya pada HUT RI diperingati setiap tahunnya, maka banyak tamu negara dan undangan penting yang diundang untuk menghadiri  peringatan Proklamasi tersebut, namun karena Pandemi Covid-19, akhirnya upacara dilaksanakan dengan sangat sederhanya sekali dan hanya singkat saja.

Jumlah peserta upacara di batasi bahkan hingga para pasukan pengibar bendera pun semuanya di batasi.

Tepat pad apukul 09.05 WIB Presiden telah tampil memasuki lapangan dengan pakaian adat adat Timor Tengah Selatan dari Nusa Tenggara Timur serta masker.

Komandan Upacara Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor lalu melapor kepada Presiden Jokowi bahwa upacara siap dimulai. Jokowi memerintahkan untuk dilanjutkan.

“Laksanakan!” kata Jokowi.

Sirene dibunyikan dan meriam ditembakkan. Rangkaian upacara akan dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo lalu mengheningkan cipta. Menag Fachrul Razi akan memimpin doa.

Setelah itu, bendera Merah Putih akan dikibarkan. Tahun ini, jumlah anggota Paskibraka dibatasi hanya 3 orang. Berikut ini nama anggota Paskibraka yang bertugas di upacara pengibaran bendera pagi ini:

Tim Pagi Tim Sabang
1. Kade Sangra Wira (Bali)
2. Indrian Puspita (Aceh)
3. Muhamad Adzan (NTB)