Makna dari Pakaian Adat Presiden Dalam HUT RI ke-75

Galeri Photo:setneg.co.id

Seperti tahun-tahun sebelumnya pada momen peringatan kemerdekaan Republik Indonesia. Presiden Joko Widodo selalu menampilkan pakaian adat. Presiden Joko Widodo selalu berupaya untuk memperkenalkan dan menunjukkan kekayaan budaya Indonesia. Salah satunya dengan menunjukkan bahwa pakaian adat dari Indonesia sangat indah dan bermakna.

Pada Upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 presiden Jokowi menampilkan pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur. Presiden Joko Widodo memakai kain dengan motif kaif berantai dari Nunkolo, Timur Tengah Selatan , Nusa Tenggara Timur.

Seperti penjelasan dari laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Kepala Negara mengenakan motif tenun yang telah dimodifikasi. Bentuk yang dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batang tengah yang menggambarkan sumber air. Untuk bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok. Sementara warna merah dalam busana tersebut melambangkan keberanian. Serta ikat kepala yang dikenakan pak Joko Widodo bermakna raja yang melindungi.

Sangat menarik dengan pakaian yang digunakan oleh bapak Presiden kita ini. Semuanya penuh dengan makna. Seperti yang kita ketahui untuk masa sekarang merupakan masa-masa sulit karena kita masih berjuang untuk memerangi pandemi covid 19. Makna positif memberikan motivasi dalam perjuangan kita. Dari pakaian adat yang dikenakan bapak Presiden Joko Widodo memberikan arti dan harapan.

Kita mulai dari ikat kepala yang dikenakan oleh bapak Presiden Joko Widodo. Ikat kepala yang bermakna tentang raja melindungi. Untuk situasi saat ini kita butuh pemimpin yang kuat dan tangguh. Pemimpin yang punya tujuan melindungi rakyatnya. Memang situasi saat ini tidak gampang untuk melangkah. Perlu pertimbangan yang panjang dari pemimpin karena harus dipikirkan baik dan buruknya dalam pengambilan keputusan.

Motif batang tengah yang bermakna sumber air. Kita sangat tahu bahwa sumber air adalah solusi kebutuhan mutlak kita. Untuk kondisi saat ini yang dibutuhkan oleh banyak orang adalah solusi untuk terlepas dari bayang-bayang covid 19. Seperti sumber air yang pasti ada begitu juga sumber penyelesaian masalah covid 19 ini juga pasti ada. Kita sangat beerharap vaksin untuk covid 19 ini akan segera rampung.

Bagian pinggir bergerigi yang bermakna wilayah berbukit dan berkelok-kelok. Suatu perjalanan yang tidak mudah jika kita melalui sesuatu yang berkelok-kelok dan wilayah berbukit. Permasalahan covid 19 ini juga memaksa kita menjalani perjalanan yang tidak mudah. Perjalanan yang sulit ini akan menuju ke tempat yang sesuai kita harapkan.

Warna merah yang melambangkan keberanian. Kita sangat menyadari jikalau tidak ada keberanian menghadapi masalah covid 19, maka kita akan kalah dengan covid 19. Kita mengambil sikap berani dan selalu yakin bahwa pandemi covid 19 ini akan berakhir.

Simbol yang penuh makna dari pemimpin kita. Simbol yang mengajak kita untuk terus berpikiran positif dan sesuai dengan jargon pemerintah “Indonesia Maju”. Jadi kita juga harus memandang bahwa kita bisa selalu maju walaupun menghadapi  kondisi yang tidak menyenangkan.