Kegunaan Menulis Buku Harian

Ilustrasi buku harian. ┬ęShutterstock/Andrew Scherbackov

Rancah.com – Zaman sekarang jarang kita dapati orang-orang yang menulis buku harian dengan berbagai alasan : tidak punya waktu, tidak tahu bagaimana menulisnya, malas, ada juga yang beranggapan bahwa buku harian itu terlalu kanak-kanak. Namun buku harian memiliki beberapa keuntungan.

1. Sebagai kenangan

Dengan seiring perkembangan zaman yang sangat cepat, terkadang kita lupa apa yang terjadi dalam satu hari. Buku harian membantu kita mengingat rangkaian kejadian dalam hari tersebut. Dimasa yang akan datang, kita dapat tersenyum dengan kejadia-kejadian lampau.

2. Melatih otak

Dengan berbagai macam teknologi di sekitar kita yang memudahkan kita mencatat seperti laptop, smartphone, tablet, dll. kita menjadi jarang menulis. Menulis merupakan salah satu cara untuk melatih otak supaya tidak mudah lupa.

3. Melihat perkembangan diri

Kita akan terus mengalami perubahan di dalam hidup, entah perubahan fisik, situasi, karakter atau pun lingkungan. Dengan menulis buku harian, kita dapat melihat perubahan diri dan itu dapat menjadi acuan untuk hidup lebih baik lagi atau bisa menjadi hiburan untuk diri sendiri.

4. Melatih kreatifitas

Buku harian merupakan cermin diri. Menulis buku harian bukan berarti hanya menulis dengan kata-kata, terkadang kita bisa mengekspresikannya dalam bentuk gambar atau puisi dalam berbagai macam warna serta hiasan-hiasan lainnya sesuai keinginnan kita. Kreatifitas kita pun bisa kita asah di sini.

5. Mengenal diri lebih baik

Ketika kita menulis buku harian, kita akan menuliskan semuanya secara jujur. Di situlah kita bisa mengenali diri kita lebih baik. Mengenali pola pikir, pandangan kita terhadap dunia atau sekitar, masalah yang kita hadapi,dll.

6. Menemukan solusi masalah

Seringkali kita berusaha menemukan solusi dengan memikirkannya dan alhasil kita terjebak tanpa menemukan solusi. Dengan menuliskan masalah yang kita hadapi, solusi itu muncul dengan sendirinya.

7. Melepas beban (stress)

Tidak semua hal bisa kita bagikan ke semua orang. Ada hal-hal tertentu yang bersifat pribadi yang butuh kita ekspresikan kalau tidak diekspresikan akan membuat kita stress. Menuangkannya dalam buku harian akan membantu melepas beban tersebut.

Jika ingin mengurangi penggunaan kertas sekaligus membantu melestarikan bumi, selain menulis disebuah buku, sekarang kita juga dapat menuliskan buku harian kita di komputer/laptop, tablet, ataupun smartphone yang bisa dengan mudah kita tambahkan foto atau bahkan video dan keterangan tempat beserta jamnya.