Latar Belakang Launching Komunitas Muslimah Squad

logo Komunitas Muslimah Squad 2020

“Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka Berlomba-lombalah dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Q.S Al-Baqarah :148)

Bro and Sister Fillah…

Sama-sama kita ketahui bahwa tahun 2020 adalah tahun yang amat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, bukankah begitu? Apakah antunna semua juga merasakan hal yang sama? Ya, benar sekali, tahun 2020 menjadi tahun yang bersejarah bagi negara kita, bahkan mendunia. Pada tahun ini Allah menguji kita dengan datangnya bala di negeri kita yaitu kedatangan tamu yang tak diundang, tim medis mengatakan bentuknya unik, imut dan seperti mahkota, tetapi begitu mengganaskan. Pasti antunna  sudah tahu bukan? dengan namanya, beberapa bulan belakangan namanya begitu viral di media sosial, sedikit-sedikit berita itu yang terlihat di beranda akun sosial media kita, baik di instagram, facebook, whatsapp, line dll,  di media cetak namanya juga ikutan viral seperti di televisi, berita, koran, radio dll, bahkan di dunia nyata sekalipun. Orang menjadi sensitif ketika mendengar namanya, bahkan bisa jadi membuatnya cemas, ketakutan dan drop yang membuat kondisi tubuhnya menjadi lemah. Yap, betul sekali. Antunna benar, namanya adalah Corona Virus. Virus yang begitu mematikan bagi siapa saja yang tertular karenanya.

Oleh karena itulah, banyak hal yang berubah ketika virus Corona itu datang, banyak rencana yang harus ditunda, bahkan ngumpul-ngumpul dengan orang tersayang yang biasa kita lakukanpun dilarang, sekolah-sekolah ditutup, kantorpun ditutup dan aktivitas dilakukan dari rumah, semua itu dilakukan agar semua orang melakukan karantina mandiri selama di rumah, membatasi interaksi sosial atau social distancing agar bisa memutus mata rantai penularan virus Corona ini. Agar negara kita, bumi Pertiwi cepat pulih kembali. Tapi siapa yang bisa menyangka berapa lama kita akan seperti ini? Berapa lama kita akan melakukan pekerjaan mulai dari rumah sendiri? Seberapa lama melakukan pertemuan secara virtual? Belajar dari rumah ? Jawabannya belum tahu. Kita hanya bisa berdoa kepada Allah, agar Allah cepat menggangkat mudharat ini, dan bumi kita segera pulih kembali, seperti semula. Kita hanya bisa memanfaatkan moment ini dengan sebaik-baiknya agar tidak berlalu begitu saja, meskipun semua dilakukan di rumah, kita harus menciptakan hal yang berbeda dan menjadi bermakna.

Kabar baiknya, meskipun ada pandemi di negeri ini, tidak menghambat kita untuk bisa memanfaatkan waktu dan membuatnya menjadi bermakna, banyak hal-hal baik yang lahir di bulan pandemi ini, baik dibidang medis, pendidikan dan paling banyak itu berkembang pesatnya penemuan dibidang teknologi. Kemajuan teknologi juga dimanfaatkan oleh para pemuda-pemudi yang punya semangat yang tinggi untuk belajar. Dilihat pada realita sekarang ini, hampir siang malam orang-orang menggunakan telepon genggam untuk dimainkan, baik bermain game seharian, belajar, rapat online, buka sosial media, dan lain-lain, semua aktivitas tidak lepas dari itu.

Banyak pemuda-pemudi yang memanfaatkan momen ini untuk menciptakan wadah belajar lewat komunitas-komunitas yang dibangunnya, ada yang sudah dari tahun sebelumnya membangun komunitas, dan pada masa ini semakin berkembang dan dikenal oleh kalangan remaja dan dewasa yang punya semangat untuk menuntut ilmu, ada juga banyak ide brilian yang muncul silih berganti pada masa pandemi ini, banyak juga komunitas-komunitas baru yang launching pada masa ini. Komunitas yang dibangun beragam, sesuai dengan passion founder yang mendirikannya. Kita sangat terbantu dengan adanya komunitas-komunitas yang bermunculan pada masa ini, mereka saling berlomba-lomba dalam kebaikan untuk memajukan negeri ini, lewat program yang diangkatkan. Sehingga bisa menghilangkan ke boringan kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari yang begitu monoton misalnya. Lewat kegiatan-kegiatan dan event-event yang dibuat oleh komunitas membuat kita mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan, wawasan dan juga teman baru diberbagai daerah.

Salah satu komunitas yang launching pada masa pandemi ini adalah komunitas yang saya bangun bersama rekan saya. Jujur saja, kalau diceritain kenapa saya bisa membangun komunitas ini, akan panjang ceritanya, gak cukup waktu satu hari semalam untuk menceritakannya, hehehe. Bisa jadi ini adalah takdir yang telah Allah tetapkan untuk saya. Dulu, saya ada niat ingin membangun sebuah komunitas, tapi saya tidak cukup berani, ilmu dan pengalaman saya masih minim untuk menjadi seorang Founder. Saya perlu banyak belajar lagi untuk memantaskan diri menjadi seorang Founder dan membangun kerjasama dengan tim. Hingga suatu ketika  Allah mempertemukan saya dengan seseorang yang punya keinginan yang sama dengan saya. Meskipun saya dan rekan saya, namanya Rodika Sima Arif Sigala belum pernah ketemu sebelumnya tapi kami bisa sevisi dan nyambung kalau diskusi. Akhirnya setelah lumayan lama tukar cerita lewat chat, kami punya inisiatif untuk membangun sebuah komunitas. Komunitas spesial untuk muslimah. Hehehe. Komunitas yang kami bangun bernama Komunitas Muslimah Squad atau disingkat dengan MS. Banyak mimpi yang akan kami bangun bersama untuk memajukan komunitas yang baru saja kami bangun. Dan tentunya dengan harapan lewat komunitas Muslimah Squad ini, bisa menjadi wadah untuk merangkul muslimah yang lainnya agar bisa menjadi seorang yang lebih baik ke depannya dan bermanfaat bagi banyak orang.